Rabu 17 Jan 2024 13:30 WIB

Jokowi Groundbreaking Hotel Bintang Lima di IKN, Nilai Investasi Rp 300 Miliar

Pembangunan Jambuluwuk Nusantara Hotel di IKN memiliki kapasitas 200 kamar.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan groundbreaking Bandara Ibu Kota Nusantara di Penajam Paser Utara,  Kalimantan Timur, Rabu (1/11/2023).
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan groundbreaking Bandara Ibu Kota Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (1/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan groundbreaking pembangunan Jambuluwuk Nusantara Hotel di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Rabu (16/1/2024). Hotel bintang lima tersebut dibangun dengan nilai investasi sekitar Rp 300 miliar serta memiliki kapasitas sekitar 200 kamar.

"Dan hari ini sekali lagi kita akan melakukan groundbreaking pembangunan hotel Jambuluwuk Nusantara Hotel, hotel berbintang lima yang berkonsep modern Indonesia ethnic," kata Jokowi.

Jokowi meyakini, keberadaan Jambuluwuk Nusantara Hotel akan memberikan kontribusi penting bagi pertumbuhan IKN dan juga daerah sekitarnya. Dia mengatakan, pembangunan Jambuluwuk Nusantara Hotel akan menambah jumlah hotel yang akan beroperasi di Nusantara.

Sehingga tamu yang berkunjung ke IKN tidak kesulitan menemukan akomodasi. Hingga saat ini, sudah ada enam hotel yang masih dalam proses pembangunan di IKN, baik hotel bintang 4 maupun bintang 5.

Jokowi juga menyinggung soal perayaan HUT RI di IKN pada 17 Agustus 2024. Dia berharap, para tamu yang hadir di HUT RI nanti bisa menginap di hotel di IKN maupun kota lainnya di sekitar.

"Bulan Agustus yang akan datang kita akan melakukan upacara 17-an di Ibu Kota Nusantara. Pertanyaannya tamu-tamunya nginep di mana? Bisa di Balikpapan karena jalan tolnya sepanjang 47 kilometer juga insya Allah di bulan Juli sudah selesai," kata Jokowi.

Dia pun yakin, akan ada beberapa hotel yang sudah selesai pembangunannya saat perayaan HUT RI di IKN nanti. "Tapi akan lebih benar kalau di Ibu Kota Nusantara sudah ada hotel-hotel yang selesai dibangun. Saya yakin 1-2 hotel pasti sudah akan selesai dibangun di Ibu Kota Nusantara," ujarnya.

Jokowi juga berharap, groundbreaking berbagai proyek pembangunan yang dilakukan setiap bulan bisa semakin meyakinkan para investor lainnya untuk ikut berinvestasi di IKN. Dia pun mendorong agar para investor bisa memanfaatkan berbagai insentif dan kemudahan berusaha yang diberikan pemerintah.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada siang hari ini peletakan batu pertama groundbreaking Jambuluwuk Nusantara Hotel, secara resmi saya nyatakan dimulai," ujar Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement