Selasa 16 Jan 2024 22:09 WIB

Lima Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Volkswagen Beetle Klasik

Periksa bagian kendaraan yang berkarat, seperti di bawah pintu dan kap mesin.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Friska Yolandha
Ini yang perlu diketahui sebelum memutuskan membeli VW Beetle.
Foto: ap
Ini yang perlu diketahui sebelum memutuskan membeli VW Beetle.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengendarai Volkswagen (VW) Beetle tua seperti melakukan perjalanan kembali ke masa lalu. Mobil yang mulai dibuat pada tahun 1930-an itu dengan cepat menjadi sangat populer di seluruh dunia, berkat tampilan unik dan performa andal di masa itu. 

Di tahun 1960-an, banyak film menampilkan mobil ini menjadi peristiwa besar di tahun 1960an. Meski sangat digandrungi pencinta mobil lawas, memiliki VW Beetle tidak selalu mudah, apalagi bagi yang hendak membelinya dari pemilik mobil yang lain.

Baca Juga

Jika sudah memantapkan hati untuk membelinya, artinya harus meluangkan banyak waktu untuk mengurus mobil klasil itu. beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli mobil VW Beetle, dikutip dari laman Slashgear, Selasa (16/1/2024). 

1. Pilih jenis yang diinginkan

Sejarah Beetle mencakup lebih dari enam dekade, dengan berbagai model yang diproduksi di seluruh dunia, masing-masing memiliki daya tarik dan tantangan yang unik. VW Beetle sangat bervariasi dalam hal estetika dan mekanik, tergantung usia mobil yang diinginkan.  

Mobil dari 1950-an hingga 1960-an memiliki tampilan klasik tapi biayanya mahal dan sulit diperbaiki. Model yang lebih baru, dari tahun 1970-an dan setelahnya, lebih mudah dibeli dan diperbaiki, namun tidak memiliki tampilan ultra-klasik meski tetap menarik untuk dikendarai.

2. Perhatikan bagian berkarat

Hal utama yang perlu diwaspadai saat membeli VW adalah karat. Entah berasal dari Jerman atau Meksiko, mobil tua ini sering kali mengalami masalah karat. Karat suka bersembunyi di titik-titik tertentu. Jadi, periksalah bagian bawah pintu, sayap, kap mesin, dan tutup mesin.  

Bagian-bagian ini dapat diganti, namun hati-hati karena beberapa panel pengganti harganya murah dan tidak pas. Mungkin juga tidak akan bertahan lama. Jika karat sudah masuk ke sisi belakang, tepi bawah, atau area roda, maka perbaikannya butuh biaya besar.  

Mesin, gearbox, dan....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement