Kamis 11 Jan 2024 18:35 WIB

Pakualaman Gelar Resepsi Hari Kedua Pernikahan Putra Paku Alam X

Busana yang akan dikenakan yaitu kain batik motif Parang Indra Widagda.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Fernan Rahadi
Putra bungsu KGPAA Paku Alam X dan GKBRAA Paku Alam, BPH Kusumo Kuntonugroho menjalani proses siraman di kompleks Pura Pakualaman, Selasa (9/1/2024).
Foto: Dok Republika
Putra bungsu KGPAA Paku Alam X dan GKBRAA Paku Alam, BPH Kusumo Kuntonugroho menjalani proses siraman di kompleks Pura Pakualaman, Selasa (9/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Resepsi hari kedua pernikahan putra Paku Alam X BPH Kusumo Kuntonugroho dengan Laily Annisa Kusumastuti digelar di Kompleks Puro Pakualaman pada Kamis (11/1/2024) malam ini. Busana yang akan dikenakan pengantin pada resepsi hari kedua ini yaitu kain batik motif Parang Indra Widagda. 

Motif tersebut menyiratkan harapan agar pengantin bisa memegang teguh keteladanan Bathara Indra yang memperhatikan pendidikan bagi diri dan orang lain. Terdapat tiga beksan tarian yang dihadirkan pada resepsi hari kedua ini yaitu Beksan Tyas Muncar, Bedhaya Wasita Nrangsmu, dan Lawung Alit.

Beksan Tyas Muncar menggambarkan pancaran hati remaja putri yang mengalami proses masa keremajaannya dengan penuh kebahagiaan sehingga dapat menapaki kehidupan selanjutnya dengan baik melalui aktivitas membatik. Kemudian Bedhaya Wasita Nrangsmu dimaknai sebagai nasihat tentang pentingnya memahami ekspresi wajah.  

Tarian tersebut ditarikan oleh tujuh orang penari putri. Tarian tersebut merepresentasikan tentang piwulang yang menjadi bekal bagi kaum perempuan dalam mengarungi bahtera rumah tangga. 

Sedangkan tarian Lawung Alit  diperagakan oleh empat peraga sebagai prajurit yang sedang berlatih olah kanuragan dan empat peraga pengampil sebagai abdi dalem ploncon. Dinamakan Beksan Lawung karena penari memperagakan keterampilan menggunakan lawung ‘tombak’.  

Sebanyak 4.000 undangan dijadwalkan akan hadiri resepsi hari kedua ini. Untuk diketahui, resepsi hari pertama telah digelar pada Rabu (10/1/2024) siang. Pakualaman mengundang 1.500 tamu pada resepsi hari pertama. 

Sejumlah pejabat turut hadir pada resepsi hari pertama antara lain Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono. Selain itu hadir juga calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan, dan calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement