Senin 08 Jan 2024 07:19 WIB

KAI: Musibah Cicalengka Jadi Evaluasi Peningkatan Keselamatan

KAI resmi menutup pelaksanaan posko Natal dan Tahun Baru 2023/2024.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ahmad Fikri Noor
Petugas melakukan proses evakuasi korban tabrakan kereta di Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (5/1/2024).
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Petugas melakukan proses evakuasi korban tabrakan kereta di Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (5/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — KA Turangga bertabrakan dengan Commuterline Bandung Raya di perlintasan yang berada di Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada 5 Januari 2024. PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menjadikan kejadian tersebut untuk melakukan evaluasi keselamatan menyeluruh, terutama terjadi saat masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2023/2024. 

“Sempat terjadi musibah di Cicalengka Kabupaten Bandung, hal tersebut menjadi evaluasi bersama untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api ke depannya,” kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dalam pernyataan tertulisnya, Ahad (8/1/2024). 

Baca Juga

KAI resmi menutup pelaksanaan posko Natal dan Tahun Baru 2023/2024 yang berlangsung selama 18 hari sejak 21 Desember hingga 7 Januari 2024. Selama masa Nataru tersebut, KAI melayani sekitar 3,50 juta penumpang atau rata-rata 194.766 pelanggan per hari. 

Didiek mengatakan, keberhasilan dalam melayani penumpang pada masa Nataru 2023/2024 akan KAI jadikan momentum untuk melakukan evaluasi secara detail dan komprehensif. Termasuk kepatuhan terhadap pelaksanaan budaya keselamatan serta aspek pelayanan. 

Dia menegaskan, insan KAI berkomitmen untuk terus menciptakan inovasi dan membangun kereta api yang berkelanjutan. Dengan begitu dapat tercapai visi KAI yakni menjadi solusi ekosistem transportasi terbaik untuk Indonesia. 

“Hasil evaluasi ini kami harapkan dapat menjadi strategi pembelajaran yang sangat penting bagi KAI untuk mempersiapkan operasional KA sepanjang 2024, khususnya menjelang Angkutan Lebaran 2024 yang tidak lama lagi akan kita laksanakan,” ujar Didiek. 

Saat ini, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) tengah melakukan penyelidikan lebih lanjut berkaitan dengan kecelakaan Kereta Api (KA) Turangga relasi Surabaya Gubeng-Bandung dan Commuterline Bandung Raya. Kecelakaan terjadi di kilometer 181+700 petak jalan antara Stasiun Haurpugur-Stasiun Cicalengka pada pukul 06.03 WIB pada 5 Januari 2024.

"Kegiatan investigasi berlangsung selama empat hari terhitung mulai 5 Januari sampai 8 Januari 2024," kata Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono dalam pernyataan tertulisnya, Jumat (5/1/2024). 

Soerjanto menjelaskan, KNKT mmebentuk tim investigasi kecelakaan tersebut yang sudah diturunkan di tempat kejadian kecelakaan. Tim investigasi tersebut yakni Gusnaedi Rachmanas (IIC), Aditya WS Yudisthura, Yogi Arisandi (anggota), dan Agus Marson sebagai tenaga ahli. Soerjanto menegaskan, KNKT akan membuat analisis menyeluruh terhadap faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kejadian kecelakaan tersebut. Selain itu juga berkoordinasi dengan beberapa pihak terkait lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement