Selasa 02 Jan 2024 13:34 WIB

Viral Laki-Laki Telanjang Diduga Maling di Kota Bekasi, Polisi: ODGJ

AB dinarasikan menggunakan ilmu agar tidak kelihatan masuk rumah, padahal ODGJ.

Rep: Ali Mansur/ Red: Erik Purnama Putra
Petugas mengamankan laki-laki berinisial AB (29 tahun) di Kota Bekasi yang mengalami gangguan jiwa.
Foto: Republika.co.id
Petugas mengamankan laki-laki berinisial AB (29 tahun) di Kota Bekasi yang mengalami gangguan jiwa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Viral di media sosial seorang laki-laki telanjang diduga maling hendak melakukan pencurian di sebuah rumah kawasan Bintara, Kota Bekasi, Jawa Barat. Sempat dinarasikan pelaku yang berputar-putar mempraktikkan ilmu agar aksinya tidak kelihatan.

Setelah dikonfirmasi, laki-laki berinisial AB (29 tahun) tersebut adalah orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Kanit Reskrim Polsek Bekasi Kota, Iptu Arif Fadil mengatakan, narasi di medsos tidak benar. Menurut dia, AB memang sudah lama mengalami gangguan jiwa.

"Gak ada niat maling mas memang suka begitu, karena mengalami gangguan jiwa sejak 2012," ujar Arif saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (2/2/2024).

Menurut Arif, peristiwa itu berawal dari adanya aduan di 110 bahwa di tempat kejadian perkara telah diamankan seorang laki-laki yang memasuki rumah orang tanpa izin. Pelaku AB masuk ke rumah orang tanpa mengenakan busana alias telanjang bulat.

Saksi mata kemudian merekam tingkah AB yang aneh pada malam hari. Setelah mendapat laporan, petugas pun datang. Setelahnya, AB dibawa ke Markas Polsek Bekasi Kota dan petugas melakukan introgasi terhadap yang bersangkutan.

"Warga mengira maling karena dia diam saja waktu ditanya persis sama waktu di polsek. Setelah ada pihak keluarga yang baru mengetahui bahwa dia ODGJ," kata Arif menjelaskan.

Menurut dia, dari keterangan keluarga, AB sudah sejak 2012 mengalami gangguan. Hanya saja, kerap kali gangguan kejiwaan itu kambuh hingga AB tercatat sudah tiga kali memasuki rumah warga.

Pada kejadian terakhir, Arif memastikan tidak ada kerugian atau barang pemilik rumah yang hilang. "Gak ada kerugian yang dialamin oleh pemilik rumah," kata Arif.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement