Sabtu 30 Dec 2023 20:32 WIB

Mabes Polri Gandeng Satpam Jaga Pemilu 2024

Semoga sinergi Polri dan satpam dapat memperkuat keamanan nasional menjelang 2024.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Erik Purnama Putra
Satpam dan pasukan pengamanan dalam (pamdal) KPU berbaris dalam simulasi menjaga keamanan menjelang Pemilu 2024 di Ancol, Jakarta Utara, Jumat (2/12/2023).
Foto: Republika/Febryan. A
Satpam dan pasukan pengamanan dalam (pamdal) KPU berbaris dalam simulasi menjaga keamanan menjelang Pemilu 2024 di Ancol, Jakarta Utara, Jumat (2/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mabes Polri mengajak Satpam untuk bersinergi dalam mengamankan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Keterlibatan satpam dinilai diperlukan untuk melakukan pengawasan dan pengamanan agar masyarakat tenang dan nyaman dalam menyambut pesta demokrasi.

"Sebagai fungsi pengemban kepolisian terbatas, Satpam diharapkan ikut membantu Polri dalam menciptakan kondisi aman dilingkungan kerja masing-masing," ucap Dirbinpotmas Korbinmas Baharkam Polri, Brigjen Edy Murbowo dalam keterangan pers di Jakarta, Sabtu (30/12/2023).

Baca Juga

Edy menambahkan, satpam harus bisa bertindak lebih dari sekadar penjaga, yakni harus menjadi bagian integral dalam menyelesaikan masalah keamanan. Peningkatan kompetensi yang berkesinambungan dan kemampuan untuk bertindak sebagai problem solver adalah kunci.

"Semoga sinergi Polri dan satpam ini dapat memperkuat keamanan nasional menjelang tahun politik 2024," kata Edy pada kegiatan tabur bunga menyambut Hari Ulang Tahun Satuan Pengaman (Satpam) Nasional ke-43, yang dihadiri Asosiasi Pengguna Jasa Security Indonesia (Apjasi), Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (Abujapi), dan beberapa asosiasi sekuriti lainnya.

Kegiatan itu juga digelar dalam rangka menghormati 'Bapak Satpam Indonesia' Jenderal Awaloedin Djamin bertema 'Satpam Tangguh Mendukung Pemilu Aman dan Damai'. Acara tersebut juga merefleksikan sinergi antara satpam dan Polri dalam memperkuat keamanan nasional, khususnya menjelang tahun politik.

Satpam harus memberikan solusi...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement