Jumat 22 Dec 2023 09:56 WIB

Dukung Transisi Energi, Damri Tambah Layanan Bus Listrik 

Hal ini sejalan dengan program pemerintah untuk menghasilkan zero emission.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ahmad Fikri Noor
Ilustrasi bus listrik Damri.
Foto: ANTARA/FAUZAN
Ilustrasi bus listrik Damri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Damri meluncurkan bus listrik yang beroperasi untuk koridor busway PT Transjakarta di Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Jumat (22/12/2023). Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha Damri, Dadan Rudiansyah, mengatakan kerja sama dengan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) merupakan upaya revolusi transportasi umum di Jakarta dengan mengoperasikan bus listrik.

"Damri berkomitmen mendorong penggunaan kendaraan listrik di Indonesia," ujar Dadan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (21/12/2023).

Baca Juga

Dadan menyampaikan, hal ini sejalan dengan program pemerintah untuk menghasilkan zero emission, salah satunya melalui aksi pergeseran ke bus listrik untuk transportasi umum. Dadan menyebut sejumlah 26 unit bus listrik Damri rakitan Skywell tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. 

"Setelah melalui berbagai tahap proses administrasi, bus listrik Damri diproyeksikan akan beroperasi di akhir tahun," ucap Dadan. 

Dadan menjelaskan bus listrik yang datang merupakan bentuk dukungan Damri kepada program pemerintah dalam menghasilkan zero emission. Dadan mengatakan kehadiran bus listrik Damri sebagai wujud sinergi bersama PT Transjakarta untuk dioperasikan pada koridor busway. 

"Realisasi ini merupakan bagian dari salah satu pencapaian penggabungan Perum PPD ke dalam Perum Damri. Damri sebagai surviving entity bertanggung jawab mengembangkan bisnis berkelanjutan yang sudah ada," kata Dadan. 

Damri, lanjut Dadan, pun menyediakan solusi menyeluruh dan menciptakan ekosistem kendaraan listrik dengan mengembangkan infrastruktur dan fasilitas pendukung pengoperasian bus listrik di Pool Damri Pupar, Cakung, Jakarta Timur. Dadan berharap kemitraan strategis untuk mengembangkan bus listrik di Indonesia, khusus di Jakarta dapat berjalan sukses demi mewujudkan transportasi berkelanjutan dan efisien.

"Komitmen Damri menyediakan transportasi umum ramah lingkungan," kata Dadan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement