Rabu 20 Dec 2023 13:01 WIB

Taspen Group dan Pemprov Jambi Bersinergi Tingkatkan Layanan ASN

Taspen selalu tingkatkan kualitas layanan dan program kepesertaan Taspen Group.

Taspen dan Pemerintah Provinsi Jambi (Pemprov Jambi) kerja sama terkait Peningkatan Layanan Program Taspen, Kepesertaan Program Anak Usaha Taspen dan Jasa Perbankan di Lingkungan Pemprov Jambi.
Foto: Dok. Taspen
Taspen dan Pemerintah Provinsi Jambi (Pemprov Jambi) kerja sama terkait Peningkatan Layanan Program Taspen, Kepesertaan Program Anak Usaha Taspen dan Jasa Perbankan di Lingkungan Pemprov Jambi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) (Taspen) berupaya untuk terus meningkatkan kualitas layanan bagi seluruh peserta dan l meningkatkan pemahaman l peserta mengenai seluruh layanan dan program manfaat Taspen Group. Kali ini, komitmen tersebut diwujudkan melalui Penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama Taspen dan Pemerintah Provinsi Jambi (Pemprov Jambi) terkait Peningkatan Layanan Program Taspen, Kepesertaan Program Anak Usaha Taspen dan Jasa Perbankan di Lingkungan Pemprov Jambi. 

Selain itu, Taspen Group melalui Taspen Life bersama KORPRI Provinsi Jambi juga menyepakati Perjanjian Kerja Bersama tentang Pengelolaan Asuransi Jiwa Kecelakaan Diri Kumpulan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi. Komitmen ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan 102.070 ASN aktif, 75.438 pensiunan ASN, dan 4.084 peserta PPPK di lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi terkait layanan, program, dan manfaat Taspen Group.

Baca Juga

Direktur Utama Taspen ANS Kosasih mengatakan, suatu kehormatan bagi Taspen untuk dapat bekerja sama dengan Pemprov Jambi. Kegiatan ini merupakan upaya Taspen untuk meningkatkan kualitas layanan dan program kepesertaan Taspen Group kepada ASN Pemprov Jambi. Ke depan, Taspen akan terus berupaya meningkatkan kemudahan layanan Taspen Group melalui beragam program yang inovatif yang sesuai dengan perkembangan teknologi terkini dan transformasi digital.

"Taspen telah menempatkan Insan Taspen di setiap titik-titik operasional di Pemerintah Daerah seluruh Indonesia. Karyawan Taspen akan hadir di Kantor Pemerintah Daerah untuk membantu dan memberikan layanan optimal kepada ASN, sehingga tidak ada lagi kebingungan dan kurangnya informasi mengenai produk dan layanan dari Taspen Group," kata Kosasih, dalam keterangan tertulis, Rabu (20/12/2023).

 

Adapun kesepakatan yang dibuat antara Taspen Group dan Pemprov Jambi, meliputi penyelenggaraan kegiatan sosialisasi program Taspen dan Taspen Group bagi ASN yang akan memasuki masa pensiun, sosialisasi peningkatan layanan program Tabungan Hari Tua (THT), Program Pensiun, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM), dan kepesertaan ASN di lingkungan Pemprov Jambi. Selain itu, terdapat informasi program fasilitas kredit perbankan bagi ASN di lingkungan Pemprov Jambi.

"Sebagai BUMN yang bergerak di bidang jaminan sosial, Taspen berupaya untuk terus meningkatkan kesejahteraan para ASN aktif, terutama yang masih mengalami kesulitan untuk membeli hunian melalui Program ASN Housing. Dengan program ini ASN dapat memiliki hunian dengan lokasi yang strategis, harga lebih murah, dan cicilan yang lebih terjangkau dengan tenor lebih panjang hingga maksimal umur 65 tahun," katanya.

 

Kosasih mengatakan, pembelian melalui Program ASN Housing ini, akan memungkinkan ASN untuk mendapatkan beragam keuntungan, berupa DP nol persen, bebas biaya akad dan notaris, serta mendapatkan harga yang lebih murah, yakni minimal lima persen dibandingkan pembelian langsung melalui pengembang lain. Selain itu, harga sudah termasuk pajak (PPN 11 persen & BPHTB lima persen), sertifikat rumah tidak dijaminkan di Bank, dan besaran bunga tetap (flat interest).

 

"Apresiasi kami berikan kepada Taspen atas komitmen bersama ini. Dengan penandatanganan Kesepakatan Bersama ini, ASN di Pemprov Jambi akan lebih mudah mendapatkan informasi terkait layanan dan produk dari Taspen Group. Ini merupakan momentum untuk mengakselerasi seluruh perubahan, tranformasi digital dan momentum untuk bangkit bersama," kata Gubernur Jambi Al Haris.

 

Al Haris mengatakan, selain itu program top-up melalui program Taspen Group sangat penting karena terkait langsung dengan kesejahteraan para ASN yang pada akhirnya nanti akan memasuki masa pensiun. Fasilitas yang akan diperoleh dari program Taspen sebaiknya diketahui dari sekarang, sehingga peserta tahu bahwa mereka akan mendapatkan manfaat besar dari Taspen.

Selain kegiatan penandatanganan kerja sama, Taspen melaksanakan kegiatan penyerahan mobil ambulans kepada Pemprov Jambi sebagai Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Taspen. Kegiatan TJSL ini merupakan aksi proaktif Taspen membantu para tenaga kesehatan di lingkungan Pemprov Jambi untuk dapat meningkatkan kesiagaan dalam memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat di Jambi. Kegiatan TJSL ini sejalan dengan target Menteri BUMN Erick Thohir agar perusahaan BUMN secara aktif meningkatkan peran kepada masyarakat melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, serta turut berkontribusi positif terhadap Indonesia.

“Taspen senantiasa terbuka untuk melakukan kerja sama dan kolaborasi bersama Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat, khususnya melalui Program TJSL Taspen. Seluruh bentuk program TJSL Taspen tentunya disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi bukti konkret Taspen kepedulian Taspen kepada masyarakat umum,” kata Kosasih. 

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement