Senin 18 Dec 2023 21:41 WIB

Respons Naiknya Konsumsi, Pertamina Jamin Ketersediaan BBM di Jambi

Pertamina mengantisipasi pergerakan pemudik yang merayakan Natal dan Tahun baru.

Petugas mengisi BBM ke kendaraan konsumen di SPBU 24.361.77 Mayang Mangurai, Kota Baru, Jambi, (ilustrasi).
Foto: Antara/Wahdi Septiawan
Petugas mengisi BBM ke kendaraan konsumen di SPBU 24.361.77 Mayang Mangurai, Kota Baru, Jambi, (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAMBI -- Pertamina menjamin ketersediaan BBM di Provinsi Jambi merespons adanya kenaikan konsumsi masyarakat selama Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Area Manager Communication, Relation & CSR Sumbagsel Tjahyo Nikho Indrawan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jambi, Senin (18/12/2023), mengatakan Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel telah menghitung proyeksi peningkatan konsumsi energi masyarakat selama masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Baca Juga

Ia menyebutkan setidaknya akan ada peningkatan kebutuhan di Jambi sekitar 5 persen untuk Gasoline (bensin) dan Gasoil (solar) sekitar 0,5 persen. Peningkatan juga terdapat pada konsumsi LPG sekitar 4 persen dan 6 persen untuk kebutuhan Avtur.

"Data tersebut seluruhnya dibandingkan dengan capaian rerata Oktober 2023," kata dia.

Nicko menegaskan jika Pertamina mengantisipasi pergerakan pemudik yang ingin merayakan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 salah satunya melalui Satuan Tugas Natal dan Tahun Baru 2034 yang melibatkan seluruh operasional perusahaan guna memastikan energi yang digunakan masyarakat tetap aman dan terpenuhi.

Satgas natal dan tahun baru ini berlangsung sejak 15 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024. Satgas ini diperuntukkan memastikan ketersediaan BBM, LPG dan avtur.

Pertamina juga berharap mudik Natal dan Tahun Baru dapat berjalan lancar serta pemudik juga diharapkan memperhatikan aspek keselamatan dan menggunakan BBM sesuai dengan peruntukan. Pertamina menambah jam operasional Fuel Terminal BBM serta menambahkan SPBU siaga atau modular di jalur-jalur potensial di daerah setempat.

Saat ini untuk rata-rata konsumsi harian BBM jenis gasoline pada bulan November 2023 untuk wilayah Jambi sekitar 1.371 KL per hari sedangkan untuk produk gasoil mencapai 898 KL per hari. Untuk rata-rata konsumsi harian produk LPG subsidi 3 kg sekitar 263 MT per hari.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement