Ahad 17 Dec 2023 18:24 WIB

Gandeng Telkom, ASDP Luncurkan Aplikasi Monitoring Armada

Dengan digitalisasi, ASDP mampu memiliki track record perkembangan docking kapal.

Rep: Rahayu Subekti  / Red: Gita Amanda
Dalam rangka memacu proses transformasi digitalisasi, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) berkolaborasi dengan Telkomsel dalam peluncuran Aplikasi Digitalisasi Monitoring Armada. (ilustrasi)
Foto: dok. Republika
Dalam rangka memacu proses transformasi digitalisasi, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) berkolaborasi dengan Telkomsel dalam peluncuran Aplikasi Digitalisasi Monitoring Armada. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangka memacu proses transformasi digitalisasi, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) berkolaborasi dengan Telkomsel dalam peluncuran Aplikasi Digitalisasi Monitoring Armada. Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi mengatakan langkah digitalisasi tersebut merupakan bagian dari langkah ASDP dalam menaikkan peradaban yang mampu membangun Indonesia. 

"Semangat kami dari awal adalah dengan mengusung elevating civilization to the next level. Untuk itu kami sangat mengapresiasi Telkom yang juga sudah jadi bagian sangat instrumental bagi perkembangan ASDP, khususnya di bidang digitalisasi demi meningkatkan perabadan," kata Ira dalam pernyataan tertulisnya, Ahad (17/12/2023). 

Baca Juga

Dia menjelaskan, dengan adanya aplikasi tersebut, data acquisition jadi jauh lebih cepat dan terorganisasi. Dia mengharapkankan data tersebut dapat diolah menjadi informasi yang mampu menjadi keputusan operasional. 

Sementara itu, Direktur Teknik dan Fasilitas ASDP Kusnadi C Wijaya menambahkan, dengan adanya digitalisasi monitoring armada tersebut para Kepala Kamar Mesin (KKM) maupun manager teknik di cabang dapat melakukan pola perawatan. Begitu juga dengan pola pemeliharaan yang terencana dengan baik.

Dengan adanya Aplikasi Monitoring Armada SiEMON atau Sistem Engine Monitoring Online dan Ship Maintenance System (SMS) bertujuan menjadi sistem pondasi atas perawatan armada dengan sasaran ketepatan, kecepatan dan kualitas pekerjaan perawatan yang dapat dilakukan lebih efektif dan efisien. Dengan begitu kesiapan serta kepastian operasional dan keselamatan untuk pengguna jasa dapat ditingkatkan.

"Dengan terdigitalisasinya proses tersebut, ASDP mampu memiliki track record atas perkembangan docking kapal dari hari ke hari," ujar Kusnadi. 

Vice President Corporate Account Management Telkomsel Ceppy Djakaria mengatakan, digitalisasi sistem tersebut merupakan jawaban dari tantangan yang ada pada industri maritim. Seiring dengan perkembangan industri dan teknologi saat ini termasuk industri maritim yang dihadapkan dengan banyak tantangan dan tantangan ini tentunya akan terus bertambah baik itu dari sisi aspek operasional maupun juga layanan. 

"Untuk menjawab seluruh tantangan yang muncul hari ini, digitalisasi dan transformasi menjadi salah satu kata kuncinya. Dan pada kesempatan ini, salah satu transformasi digital yang dilakukan oleh ASDP yaitu berkolaborasi dengan Telkomsel dalam menyajikan dan membangun sistem engine monitoring online yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi dan juga solusifitas aset, sekaligus diharapkan mampu meningkatkan keselamatan dan keamanan armada itu sendiri," ujar Ceppy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement