REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai perusahaan ritel bahan bangunan, PT Caturkarda Depo Bangunan Tbk (Perseroan) menetapkan strategi baru yang akan memperkuat posisinya dalam pasar. Caranya, dengan meningkatkan eksposur produk dan ragam kerja sama dengan pemasok.
Dalam upaya untuk terus memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini, perseroan akan memfokuskan pengembangan produk House Brand pada kategori-kategori yang memberikan kontribusi signifikan, yaitu bahan bangunan dan bahan finishing. Produk-produk yang akan dikembangkan termasuk Builder’s Hardware berteknologi digital, produk-produk plumbing seperti pompa dan wastafel, perabotan, produk rumah tangga, serta material bangunan yang inovatif.
Selain itu, Depo Bangunan akan meningkatkan diversifikasi pasokan serta kerjasama dengan pemasok melalui pembaharuan pada fitur vendor package yang sudah ada, dengan penambahan fitur yang lebih komprehensif. "Langkah itu diambil demi memastikan peningkatan pendapatan dari berbagai sumber lainnya," kata Kambiyanto dalam keterangan tulis di Jakarta, Rabu (13/12/2023).
Kambiyanto menilai, Depo Bangunan terus berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan pasar untuk memberikan produk dan layanan yang relevan serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
Hingga saat ini, perseroan telah mengoperasikan 13 toko yang tersebar di berbagai lokasi strategis di seluruh Indonesia. Termasuk Kalimalang, Serpong, Sidoarjo, Malang, Bandung, Bali, Bogor, Bekasi, Lampung, Jember, Pondok Gede, Medan, dan Surabaya.
"Keberadaan toko-toko ini telah membantu perseroan untuk hadir lebih dekat dengan pelanggan dan memperluas jangkauan produk berkualitas," ujar Kambiyanto.
Ia mengungkapkan bahwa perseroan saat ini tengah dalam proses pembangunan dua toko baru yang diharapkan akan menjadi penambahan berharga bagi portofolio perseroan. Dengan estimasi luas toko mencapai 10.000 meter persegi, toko-toko itu akan menyediakan lebih banyak ruang dan variasi produk.
Selain pembangunan toko baru, perseroan juga memiliki rencana pengembangan yang ambisius untuk memanfaatkan potensi dari empat lokasi Land Bank yang dimilikinya. Lokasi-lokasi itu akan menantikan pengembangan lebih lanjut untuk memperluas jaringan perseroan, memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, dan menjadikan perseroan sebagai pemimpin di sektor ritel bahan bangunan.
"Komitmen perseroan untuk pertumbuhan dan inovasi terus menjadi prioritas utama kami. Dengan penambahan toko baru dan pengembangan Land Bank, kami berharap dapat memenuhi kebutuhan pelanggan kami yang semakin berkembang, sambil memberikan pengalaman berbelanja yang berkesan dengan value terbaik," kata dia.