Rabu 13 Dec 2023 16:04 WIB

Ular Piton Melilit di Pagar Rumah Kejutkan Warga Sleman, Langsung Lapor Damkar

Penanganan kejadian non-kebakaran oleh damkar telah mencapai ratusan kejadian.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yusuf Assidiq
 Ular jenis Sawokembang sepanjang tiga meter ditemukan di salah satu rumah warga di Wedomartani, Ngemplak, Kabupaten Sleman.
Foto: Dokumen
Ular jenis Sawokembang sepanjang tiga meter ditemukan di salah satu rumah warga di Wedomartani, Ngemplak, Kabupaten Sleman.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Kemunculan ular piton berjenis sawokembang mengagetkan warga Griya Kenayan, Wedomartani, Ngemplak, Kabupaten Sleman, DIY,  pada Selasa (12/12/2023) malam. Kabid Damkar Sleman, Sutriyanta, mengatakan, temuan ular sepanjang tiga meter dilaporkan warga melalui telepon.

Tidak lama setelah menerima laporan, satu unit damkar yang dilengkapi dengan emergency kit dan alat evakuasi langsung bergerak ke lokasi. Saat ditemukan, ular tersebut melilit di pagar rumah salah seorang warga.

"Seekor ular sawokembang yang berada di pagar rumah dengan panjang lebih kurang tiga meter berhasil dievakuasi. Waktu evakuasi sekitar 10 menit," kata Sutriyanta kepada wartawan, Rabu (13/12/2023).

Sutriyanta mengatakan, proses evakuasi berjalan aman dan lancar. Ular tersebut kini telah diamankan di Mako Damkar Sleman.

Kepala Seksi Operasional dan Investigasi Damkar Sleman Nawa Murtiyanto menjelaskan, selain tugas utama memadamkan kebakaran, selama ini pihaknya juga melakukan penanganan kejadian non-kebakaran. Mulai dari membantu masyarakat evakuasi ular masuk rumah, evakuasi sarang tawon, dan lain sebagainya.

Tercatat hingga November 2023, penanganan kejadian non kebakaran telah mencapai ratusan kejadian. "Kalau data (evakuasi) ular tidak atensi khusus. Yang jelas penanganan nonkebakaran sudah tembus 400 kejadian per November 2023 ini," ujar dia.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement