Senin 11 Dec 2023 15:01 WIB

Punya Bisnis Indekos, Begini Cara Onadio Leonardo Terus Produktif

Onad mengaku juga sempat mengalami ketidakcocokan dengan mitra usaha.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Aktor dan musisi Onadio Leonardo (kanan) membagikan pengalamannya merintis usaha di di kelas solopreneur Semasaqu di Fatmawati City Center, Jakarta Selatan, Ahad (10/12/2023).
Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Aktor dan musisi Onadio Leonardo (kanan) membagikan pengalamannya merintis usaha di di kelas solopreneur Semasaqu di Fatmawati City Center, Jakarta Selatan, Ahad (10/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musisi dan aktor Onadio Leonardo tidak hanya dikenal dengan keterampilannya dalam berbagai bidang. Onad, panggilannya, juga merambah berbagai hal di dunia hiburan, seperti mengembangkan program podcast dan membuat berbagai konten YouTube.

Selain itu, Onad juga merintis sejumlah usaha. Memang tidak semuanya berhasil. Ada trial and error yang dia lakoni, termasuk ketika Onad menghadapi ketidakcocokan dengan mitra usaha. Namun, dia tidak lantas merasa terbebani dengan itu dan mencoba cara lainnya.

Baca Juga

Untuk saat ini, usaha yang dikembangkan Onad di bidang jasa sewa kamar. "Cukup konvensional, sih. Jadi, hasil usaha gue di entertain gue kumpulin untuk bisnis kos-kosan," ujar Onad pada kelas Solopreneur Semasaqu bertajuk "Productive Yet Stress Free" di Fatmawati City Center, Jakarta Selatan, Ahad (10/12/2023).

Pria 33 tahun itu mengatakan sempat ada keinginan merintis usaha di bidang kuliner karena dia menyukai makanan dan minuman, tapi diurungkan niat tersebut karena dia khawatir tidak bisa mendalaminya. Untuk sementara, Onad lebih memilih bisnis indekos.

 

Mantan vokalis band Killing Me Inside itu berpendapat bahwa dalam semua bidang usaha, ada tantangan berupa keharusan untuk selalu kreatif berinovasi. Pasalnya, selalu ada kompetitor yang punya berbagai ide. Sebisa mungkin, Onad mengeksplorasi berbagai gagasan dan kreativitas. Selain membagikan kiat menjaga produktivitas dan mengelola stres, Onad juga menyoroti pentingnya pengelolaan keuangan yang efisien.

Dengan berbagai kesibukan dan produktivitas yang tinggi, Onad pun memiliki cara supaya tidak stres. Pertama, Onad selalu memiliki perspektif bahwa dia mencintai pekerjaannya dan mensyukuri apa yang dia miliki dalam hidup. Sebab, masih banyak orang yang kurang beruntung dibanding dirinya.

Saat tekanan kian tak tertahankan, Onad biasanya mengobrol dengan sang istri untuk saling berbagi. Di kala jenuh, Onad memilih menghabiskan waktu bersama keluarga. "Kalau liburan bersama keluarga, stres lumayan hilang. Tapi stres juga penting, ada positif dan negatifnya," kata Onad, yang berpendapat stres bisa memacu diri menjadi kreatif mencari solusi.

Kelas solopreneur tersebut merupakan rangkaian kegiatan Semasaqu, yang merupakan kolaborasi antara Bank Saqu dan Semasa. Selama penyelenggaraannya pada 8-10 Desember 2023, terdapat pasar kreatif, sesi bincang santai, dan penampilan musik.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement