Jumat 08 Dec 2023 19:00 WIB

BRI Bantu Pemerintah Capai Target UMKM Ekspor

BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 yang diadakan pada 7-10 Desember di JCC.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Lida Puspaningtyas
Ratusan UMKM terbaik tanah air akan unjuk gigi pada pameran BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR.
Foto: Dok. BRI
Ratusan UMKM terbaik tanah air akan unjuk gigi pada pameran BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah terus mendorong Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melakukan ekspor. Ditargetkan, kontribusi ekspor produk UMKM bisa mencapai 17 persen pada 2024.

Saat ini baru sekitar 15,7 persen. Angka itu kalah dari negara tetangga seperti Singapura yang sudah 41 persen dan Thailand 29 persen.

Baca Juga

Menyadari itu, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) berupaya membantu pemerintah meningkatkan ekspor produk UMKM di Tanah Air. Salah satunya melalui gelaran BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 yang diadakan pada 7-10 Desember di JCC, Jakarta.

Direktur Utama BRI Sunarso menilai, UMKM berpotensi melakukan ekspor. "Kalau ada nilai transaksi 80 juta dolar AS selama empat hari, itulah kira-kira nilai ekspor, tapi kan selanjutnya continue," ujar dia saat ditanya Republika usai pembukaan BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023.

 

Ia mengungkapkan, perseroan telah membantu pembiayaan sejumlah UMKM untuk melakukan ekspor. Hanya saja terkait angka pastinya masih dikumpulkan, itu karena kata dia, ekspor UMKM berbeda dengan ekspor korporasi besar yang langsung kelihatan Devisa Hasil Ekspornya (DHE).

Hanya saja disebutkan, dari 700 UMKM yang berpartisipasi dalam UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUER, terdapat 207 peserta yang sudah melakukan ekspor. Lalu sebanyak 493 di antaranya siap ekspor.

Dalam ajang itu, sebanyak 378 UMKM merupakan pendaftar baru, 122 UMKM alumni UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR, 6 UMKM binaan Perusahaan Anak seperti Pegadaian, PNM dan BRI Ventures, 153 UMKM Local Heroes yang telah menjadi market leader dengan harapan dapat memperluas impact bisnis dan terkoneksi untuk berkolaborasi kepada UMKM lainnya. Kemudian 32 UMKM merupakan member SCAI (Specialty Coffee Association of Indonesia) dan 9 UMKM SMExcellence binaan Kementerian Koperasi dan UKM.

UKM tersebut berasal dari berbagai daerah. Mereka siap menampilkan beragam produk terbaru dan terbaik mereka. Terdapat lima kategori UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR tahun ini yang dapat berpartisipasi yakni Home Decor & Craft, Food & Beverage, Accessories & Beauty, dan Fashion & Wastra, serta Healthcare/Wellness.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement