Kamis 07 Dec 2023 23:50 WIB

Ini Persiapan Hutama Karya Jelang Nataru di Tol Trans Sumatera

HK telah menambahkan jumlah toilet di sejumlah ruas jalan tol.

Sejumlah kendaraan melintasi Gerbang Tol Bakauheni Selatan, Lampung Selatan, Lampung.
Foto: Antara/Nova Wahyudi
Sejumlah kendaraan melintasi Gerbang Tol Bakauheni Selatan, Lampung Selatan, Lampung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Hutama Karya (Persero) atau HK memastikan bahwa sejumlah ruas jalan tol Trans Sumatera siap melayani masyarakat pada masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Memang dalam kegiatan seperti Natal dan Tahun Baru atau Lebaran ini jalan tol sangat dibutuhkan, sehingga kami bisa melayani pengguna jalan tol dengan baik dan aman," kata Direktur Utama PT Hutama Karya Budi Harto dalam diskusi daring "Jalan Tol Trans Sumatera Stimulus Perekonomian Sumatera" yang dipantau di Jakarta, Kamis (7/12/2023).

Baca Juga

Budi menjelaskan, HK telah menambahkan jumlah toilet di sejumlah ruas jalan tol yang dibangun agar tidak ada penumpukan/kepadatan orang maupun kendaraan selama masa libur Natal dan Tahun Baru. Selain itu, pihaknya juga menambah jumlah fasilitas-fasilitas di rest area, termasuk keberadaan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) lokal mencapai 70 persen.

Hal tersebut bertujuan agar perekonomian masyarakat sekitar dapat meningkat, khususnya pada masa liburan yang diprediksi terjadi kenaikan pergerakan.

 

"Kami meningkatkan fasilitas di rest area, sesuai dengan arahan Presiden Jokowi bahwa 70 persen rest area ini adalah UMKM lokal. Dengan demikian akan bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat," katanya.

Hutama Karya mencatat, jalan tol Trans Sumatra yang sudah beroperasi dan dalam proses konstruksi mencapai 962 Kilometer. Kemudian, jika digabungkan dengan jalan tol yang dibangun oleh Waskita Karya dan Jasa Marga, maka panjang tol mencapai 1.300 Kilometer.

Jalan tol ini akan menghubungkan Lampung dan Aceh melalui 24 ruas jalan berbeda yang panjang keseluruhannya mencapai 2.749 km dan akan beroperasi penuh pada 2024.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement