Senin 04 Dec 2023 14:57 WIB

Harga Bitcoin Tembus Level Tertinggi Tahun Ini!

Hal ini merespons sinyal Federal Reserve AS telah selesai menaikkan suku bunga.

Rep: Novita Intan/ Red: Fuji Pratiwi
Iklan Bitcoin, salah satu cryptocurrency, ditampilkan di sebuah gedung di Hong Kong, pada 18 November 2021.
Foto: AP Photo/Kin Cheung
Iklan Bitcoin, salah satu cryptocurrency, ditampilkan di sebuah gedung di Hong Kong, pada 18 November 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA-- Bitcoin telah menembus angka di atas 40 ribu dolar AS pertama kalinya tahun ini. Meroketnya harga bitcoin seiring dengan gelombang momentum antusiasme yang luas terhadap penurunan suku bunga AS dan ketika para pedagang mengantisipasi persetujuan dana bitcoin yang diperdagangkan di pasar saham AS dalam waktu dekat.

Seperti dilansir dari laman Reuters, Senin (4/12/2023) aset kripto terbesar di dunia ini mencapai 41.522 dolar AS pada Senin (4/12/2023) tertinggi sejak April 2022. Kenaikan harga inj tampaknya telah menghilangkan ketakutan yang telah terjadi di pasar kripto sejak runtuhnya FTX dan kegagalan bisnis kripto lainnya pada 2022.

Baca Juga

"Reli sebesar 50 persen sejak pertengahan Oktober tampaknya menandai pergeseran yang menentukan dari kondisi bearish pada 2022 dan awal 2023," kata Kepala Pengembangan Bisnis untuk Asia-Pasifik di Keyrock, Justin d'Anethan.

Dia mengatakan bukti pembelian institusional hingga bulan November menunjukkan adanya minat baru dan meskipun potensi pembalikan di masa depan belum terbayangkan. Level harga terendah mencapai sekitar 16 ribu dolar AS tahun lalu mungkin menandai titik terendah.

 

Microstrategy Investor Bitcoin (MSTR.O) pekan lalu mengungkapkan pihaknya membeli tambahan 593 juta dolar AS dalam bentuk bitcoin selama November.

Sementara itu, investasi berisiko dan aset sensitif suku bunga lainnya, seperti emas, juga mengalami reli yang kuat selama beberapa pekan terakhir karena pasar bertaruh bahwa Federal Reserve AS telah selesai menaikkan suku bunga dan akan mulai memangkas suku bunga pada awal tahun 2023.

Laporan pada Oktober bahwa Komisi Sekuritas dan Bursa AS tidak akan mengajukan banding atas keputusan pengadilan yang menyatakan bahwa lembaga tersebut salah dalam menolak permohonan reksa dana yang diperdagangkan di bursa juga telah mendorong spekulasi bahwa persetujuan akhirnya sudah dekat. ETF bitcoin spot dapat memungkinkan investor yang sebelumnya waspada mengakses kripto melalui pasar saham, mengantarkan gelombang modal baru ke sektor ini.

Ethereum, koin yang terhubung ke jaringan blockchain Ethereum, juga mencapai level tertinggi dalam satu setengah tahun pada hari Senin. Harga ethereum mencapai 2,253 dolar AS. Baik bitcoin maupun ethereum masih jauh di bawah rekor tertinggi pada 2021 yang masing-masing berada di atas 60 ribu dolar AS dan 4.000 dolar AS.

 

Lanjutkan membaca.. >>>

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement