Ahad 03 Dec 2023 22:32 WIB

Penumpang Tiba di Bandara Babel Naik 9,06 Persen

Penumpang pada Desember ini diperkirakan meningkat karena momen Nataru.

Penumpang antre untuk melakukan tes usap antigen di Terminal Kedatangan Bandara Depati Amir, Pangkalpinang, Bangka Belitung, Senin (17/5/2021).
Foto: Antara/Anindira Kintara
Penumpang antre untuk melakukan tes usap antigen di Terminal Kedatangan Bandara Depati Amir, Pangkalpinang, Bangka Belitung, Senin (17/5/2021).

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG -- Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat penumpang angkutan udara tiba di bandar udara Kepulauan Babel pada Oktober 2023 mencapai 77,95 ribu orang, atau naik 9,06 persen dibanding bulan sebelumnya 71,48 ribu orang.

"Penumpang angkutan udara pada Desember tahun ini diperkirakan meningkat, karena adanya momen Natal dan Tahun Baru 2024," kata Kepala BPS Provinsi Kepulauan Babel Toto Haryanto Silitonga di Pangkalpinang, Ahad (3/12/2023).

Baca Juga

Ia mengatakan peningkatan jumlah penumpang angkutan udara yang tiba ini juga terjadi pada kedua bandara baik Bandar Udara Depati Amir Pangkalpinang (Pulau Bangka) sebesar 12,68 persen dan H.A.S. Hanandjoeddin Tanjungpandan (Pulau Belitung) naik 2,05 persen.

"Jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu atau Januari hingga Oktober 2022, kedatangan penumpang tercatat naik sebesar 8,21 persen," katanya.

Ia menyatakan jumlah penumpang angkutan udara yang berangkat dari Kepulauan Bangka Belitung pada Oktober 2023 tercatat 76,10 ribu orang, atau naik 5,45 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

"Peningkatan ini dipicu oleh peningkatan jumlah keberangkatan penumpang pada bandara Depati Amir 8,57 persen," katanya.

Ia menambahkan apabila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu (Januari-Oktober 2022) jumlah penumpang yang berangkat naik sebesar 9,81 persen.

Executive General Manager Angkasa Pura II Bandara Depati Amir Pangkalpinang Mohammad Adiwiyatno mengatakan calon penumpang angkutan udara sudah mengalami peningkatan menjelang Natal dan Tahun Baru 2024.

"Saat ini beberapa maskapai penerbangan sudah mengajukan penambahan penerbangan untuk melayani calon penumpang yang sudah mulai meningkat," katanya. 

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement