Kamis 30 Nov 2023 22:43 WIB

45 Tahun Toto Indonesia Komitmen Perbaki Masalah Sanitasi Indonesia

Toto mencatatkan kinerja yang cukup memuaskan pada 2022.

Toto Indonesia
Foto: Toto
Toto Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Surya Toto Indonesia Tbk, manufaktur saniter, fitting, dan kitchen brand Toto, berkomitmen memperbaiki persoalan Sanitasi di Indonesia. Toto berkembang menjadi fasilitas produksi yang berperan penting memenuhi kebutuhan dalam negeri dan luar negeri.

Toto merayakan 45 tahun kehadirannya sebagai wujud apresiasi, konsistensi, sekaligus awal dari tonggak sejarah kedua. Selama beberapa dekade terakhir, Toto menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia dalam memilih produk sanitasi.

Baca Juga

Top Brand Index 2023, menempatkan brand Toto pada posisi puncak untuk kategori shower, closet, floor drain, dan kran air.

President/Executive Officer dari Toto Ltd, Noriaki Kiyota mengapresiasi fasilitas PT Surya Toto Indonesia Tbk yang didirikan oleh Presiden Komisaris Mardjoeki sejak 45 tahun lalu. Perusahaan itu kini telah berkembang menjadi salah satu fasilitas produksi terbesar grup Toto dengan peralatan cetakan berteknologi tinggi. 

 

Di bidang penjualan, fasilitas ini telah mendapat dukungan signifikan dari banyak pelanggan di Indonesia, Singapura, Malaysia dan sebagainya, memperkuat posisinya sebagai inti grup Toto di Asia. 

"Saya berharap kemitraan ini membawa banyak manfaat bagi masyarakat Indonesia, dalam bentuk kebersihan, higienitas, dan kesehatan," katanya dalam perayaan 45 Tahun Toto di Ritz Carlton, melalui siaran pers, Kamis (30/11/2023).

Hanafi Atmadiredja, President Director PT Surya Toto Indonesia Tbk mengatakan bahwa Toto Indonesia telah bertumbuh dari satu pabrik di pinggiran Jakarta dengan seratus karyawan, menjadi tiga pabrik canggih di Jakarta dan satu di Surabaya dengan lebih dari empat ribu karyawan. "Hal ini baru permulaan, seiring pertumbuhan Indonesia, kami akan terus berinvestasi di negara ini," katanya.

Kemitraan yang terjalin secara jangka panjang bersama Toto Ltd adalah kunci dari kesuksesan yang diraih oleh PT Surya Toto Indonesia Tbk dan PT Surya Pertiwi Tbk. Kemitraan ini memungkinkan modernisasi teknologi dari Jepang berpadu dengan aspek lokal. 

"Kami yakin bisa terus menghadirkan produk yang berteknologi tinggi, aestetik dan sekaligus terjangkau untuk mengentaskan problem sanitasi di Indonesia melalui inovasi dan teknologi," katanya.

Toto juga membukukan kinerja yang cukup baik pada 2022. Laba bruto emiten dengan kode TOTO ini pada 2022 mencapai Rp 373,16 miliar. Laba tersebut diperoleh dari tingginya perolehan pendapatan yang sebesar Rp 1,8 triliun. Nilai ini naik dari Rp 1,6 triliun pada 2021.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement