Senin 27 Nov 2023 21:10 WIB

Harbolnas Tiba, Produk Lokal Diberi Karpet Merah

Ada diskon khusus yang lebih besar disiapkan untuk produk lokal.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Fuji Pratiwi
Model memperlihatkan aplikasi belanja online jelang Harbolnas bertema Lazada 12.12 Grand Year Sale di Jakarta, Kamis (5/11) (ilustrasi).
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Model memperlihatkan aplikasi belanja online jelang Harbolnas bertema Lazada 12.12 Grand Year Sale di Jakarta, Kamis (5/11) (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gelaran Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2023 akan berlangsung selama tiga hari pada 10, 11, dan 12 Desember 2023. Produk lokal diharapkan ambil peluang di momen belanja akhir tahun ini.

Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (Idea) Bima Laga mengatakan, Harbolnas tahun ini menjadi istimewa karena pertama kalinya akan dilaksanakan selama tiga hari. Maka, kata dia, ada kesempatan lebih besar bagi pelaku usaha guna membuktikan kualitas produknya dan mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas.

Baca Juga

Bima menambahkan, penyelenggaraan Harbolnas 2023 menjadi salah satu bentuk komitmen industri e-commerce pada upaya mendorong peningkatan penjualan produk lokal. "Ada diskon khusus yang lebih besar kami siapkan untuk produk lokal," kata Bhima melalui keterangan tulis, Senin (27/11/2023).

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menegaskan pentingnya pengembangan produk lokal dalam meningkatkan perekonomian digital di Indonesia. "Kami memandang upaya pemberdayaan pelaku usaha lokal seperti Harbolnas ini sebagai kontribusi penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia," kata Zulkifli.

Ia menegaskan, sudah saatnya produk lokal Indonesia mendapatkan perhatian dan bisa mendominasi pasar Indonesia. Diharapkan pula bisa mendominasi pasar regional dan global. 

"Maka kami mendorong setiap pihak mendukung pelaksanaan Harbolnas. Lalu mengajak konsumen untuk berpartisipasi dan berbelanja dalam acara tahunan besar ini," kata Zulkifli. 

Lazada Indonesia menjadi mitra belanja Harbolnas 2023. Berbagai penawaran menarik pun akan ditawarkan Lazada pada Harbolnas kali ini.

 CEO Lazada Indonesia James Chang menyatakan, ini menjadi bentuk penguatan komitmen dalam mendukung peningkatan daya saing penjual produk lokal Indonesia. Lazada berharap momentum Harbolnas bisa menjadi ajang bagi para penjual lokal meningkatkan penjualan dan menggerakkan perekonomian digital Indonesia.

"Tentunya kami sudah sangat siap memberikan dukungan bagi para penjual lokal dalam festival belanja online terbesar di Indonesia ini melalui beragam program, fitur, dan teknologi yang kami miliki," kata Chang.

Selain mendukung terselenggaranya Harbolnas secara luas, Lazada juga memberikan subsidi promo hingga 50 persen bagi pelaku usaha lokal di platform Lazada yang berpartisipasi. Melalui subsidi tersebut, pelanggan Lazada bisa mendapatkan promo hingga 80 persen, ditambah gratis ongkos kirim. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement