Rabu 22 Nov 2023 21:33 WIB

Takiyyah, Tempat Penyelamat di Gaza Lewat Makanan Gratisnya yang Jarang Terungkap

Krisis yang terjadi Jalur Gaza mendesak adanya penyediaan makanan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Takiyyah, Tempat Penyelamat di Gaza Lewat Makanan Gratisnya yang Jarang Terungkap
Foto: Sky News Arabia
Takiyyah, Tempat Penyelamat di Gaza Lewat Makanan Gratisnya yang Jarang Terungkap

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Krisis yang terjadi Jalur Gaza mendesak adanya penyediaan makanan bagi keluarga-keluarga yang kehilangan tempat tinggal. Jumlah mereka ada lebih dari satu juta orang.

Dalam situasi itu, ada tempat perlindungan yang nyata bagi para pengungsi Gaza Palestina. Istilah populer yang tersebar luas baru-baru ini, adalah Takaya At Tho'am. Orang Turki menyebut Takaya dengan 'Tekke', dan secara umum, orang Arab menyebutnya Takiyyah.

Baca Juga

Takiyyah adalah gambaran dapur yang terutama berfungsi untuk memberi makan orang miskin. Takiyyah sudah lama ada di wilayah-wilayah Arab sejak masa kejayaan Islam. Maka keberadaan Takiyyah tersebar luas di beberapa negara Arab pada khususnya. Makanan utama yang terkenal dari Takiyyah adalah kacang lentil.

Selama Israel menggempur Gaza sejak 8 Oktober 2023 lalu, gagasan dan inisiatif amal telah menyebar di bagian selatan Gaza, untuk memberi makan para pengungsi yang membutuhkan uluran tangan dan kasih sayang.

Dalam konteks demikian, inisiatif amal telah menyebar di Gaza selatan, dengan maksud untuk memberi makan para pengungsi. Dan salah satu takiyyah yang paling dikenal di Gaza selatan ialah Takiyyah Rafah Al Khoiriyah.

Pejabat Takiyyah Amal Rafah, Hani Abu Al-Qasim, mengatakan Takiyyah ini diluncurkan dengan upaya amal bertahun-tahun yang lalu di kamp Shaboura. Ini adalah dapur amal di mana makanan dan makanan disimpan, disiapkan dan dibagikan kepada keluarga miskin.

"Situasi berubah setelah perang (sejak 8 Oktober 2023), ketika ribuan keluarga mengungsi dari utara ke selatan, terutama ke Rafah. Para pengungsi ini meninggalkan segalanya dan mulai tinggal di pusat penampungan, dan mereka serta anak-anak mereka tidak lagi tinggal di sana," kata dia.

Kemudian Takiyyah Rafah Al Khoiriyyah menampung mereka, mendukung mereka, menghormati mereka, dan memberikan bantuan kepada mereka. Takiyyah Rafah menyiapkan ribuan makanan setiap hari dan mendistribusikannya kepada para pengungsi, di samping perannya yang berkelanjutan dalam mendistribusikan kepada orang-orang miskin.

"Dalam satu hari, disiapkan lebih dari 3.000 porsi makanan yang terdiri dari nasi dan daging, serta lebih dari 5 ekor anak sapi yang disembelih dan dagingnya disiapkan untuk pengungsi dan fakir miskin. Takiyyah ini bergantung pada sumbangan dari orang-orang baik dan cakap di Rafah dan Khan Yunis. Dan sebelum perang ini terjadi, kami menerima sumbangan dari luar negeri," terang Hani Abu Al Qasim.

Dalam perjalanan sejarah Islam di masa Ottoman, Takaya menjadi terkenal dan dikenal di sebagian besar kota-kota Islam, di Damaskus, Bagdad, Basra, Makkah, Hijaz, Sulaymaniyah, Yerusalem, Hebron, Tripoli, Maghreb, Mesir, dan lain-lain.

Dalam bahasa Arab, asal kata "takaya" dikaitkan dengan "bersandar", yang memiliki arti yang sama dalam bahasa Turki. Adapun orientalis Prancis Clement Howart, berpendapat asal kata "takaya' mengacu pada kata Persia, yang berarti "kulit". Kemudian "takaya" ini digunakan oleh para sufi sebagai simbol zuhud dan hidup dalam kesederhanaan.

Ide awal munculnya tempat Takaya, dimulai sejak sebelum berdirinya Kesultanan Ottoman, yakni ketika Kesultanan Mamluk menguasai Mesir dan Levant. Di era Kesultanan Mamluk, tempat yang pada era Ottoman bernama Takaya itu disebut Khanqah.

Takaya pun ada di Palestina. Salah satunya adalah Takaya Naqsyabandi, yang dianggap sebagai salah satu landmark paling penting di Yerusalem, yang dibangun pada masa pemerintahan Ottoman. Takaya Naqsyabandi juga disebut zawiya Uzbek atau Bukharian, diambil dari nama penanggung jawabnya.

Takaya Naqsyabandi menampung orang-orang Yerusalem dan pengunjung kota itu setiap pekan dengan meja gratis. Termasuk pengunjung dari Turki, Uzbekistan, dan Afghanistan juga datang ke sana. Namun jumlah pengunjung Takaya ini menurun secara signifikan setelah Naska tahun 1967, karena tindakan pendudukan Israel.

Selain itu, juga ada Takaya Sultan Khasaki di Kota Tua Yerusalem Timur yang masih beroperasi hingga saat ini, dan dibangun pada era Ottoman untuk mendistribusikan makanan kepada masyarakat miskin dan membutuhkan.

Gedung Takaya Sultan Khasaki terletak di sebelah Masjid Al-Aqsa. Takaya ini adalah salah satu lembaga amal terbesar di Palestina sepanjang era Ottoman. Lembaga ini terus memberikan layanan besar kepada orang miskin, darwis, marabout, dan pelancong selama ratusan tahun.

Di antara Takaya paling terkenal di Palestina adalah Takaya Fatima Khatun, Takaya Nabi Musa yang dibangun oleh al-Zahir Baibars, Takaya Al-Maghribi yang didirikan oleh Salahudin Al-Ayyubi di Hattin, Takaya Uyun al-Tijjar di Khirbet Uyun al-Tijjar, Distrik Tiberias, Takaya Al-Darwishiyya dekat Masjid Al-Taniyeh di Nablus, dan Takaya Al-Sari Al-Saqati yang terletak di sebelah barat Nablus di Gunung Jazrim.

Adapun di Gaza, ada banyak Takaya yang sudah berusia panjang. Terutama Takaya Abdel Azim dan Takaya Margan. Lambat-laun muncul Takaya modern yang didirikan melalui inisiatif pemuda dengan tujuan memberi makan kepada masyarakat miskin.

Di kamp Nuseirat di Jalur Gaza tengah, sebuah kelompok sukarelawan muda mendirikan "Takiyet Sons of Nuseirat" pada tahun 2016, yang bertujuan untuk memberi makan masyarakat miskin dan rumah sakit yang bersih. Hal serupa juga terjadi di kamp Bureij, di mana kemiskinan ekstrem mendorong pendirian Takaya untuk menyediakan makanan bagi warga miskin.

Di Jalur Gaza juga ada Takaya Gaza Hashem yang merupakan takaya permanen pertama di Jalur Gaza, yang beroperasi sepanjang tahun dan menyediakan makanan bagi keluarga miskin dan membutuhkan.

Sumber:

https://www.skynewsarabia.com/middle-east/1671674-%D8%A8%D8%B3%D8%A8%D8%A8-%D8%A7%D9%84%D8%AD%D8%B1%D8%A8-%D8%A7%D9%84%D8%AA%D9%83%D9%8A%D8%A9-%D9%85%D9%84%D8%A7%D8%B0-%D8%A7%D9%84%D9%86%D8%A7%D8%B2%D8%AD%D9%8A%D9%86-%D9%84%D9%84%D8%AD%D8%B5%D9%88%D9%84-%D8%A7%D9%84%D8%B7%D8%B9%D8%A7%D9%85-%D8%BA%D8%B2%D8%A9

https://arabicpost.net/%d8%ab%d9%82%d8%a7%d9%81%d8%a9/2023/11/21/%d8%aa%d9%83%d8%a7%d9%8a%d8%a7-%d8%a7%d9%84%d8%b7%d8%b9%d8%a7%d9%85/

sumber : Arabic Post / Sky New Arabia
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement