Selasa 14 Nov 2023 22:35 WIB

Pemkot Depok Bangun Tugu Selamat Datang Senilai Rp 1,7 Miliar

Tugu dibangun di kelurahan Pondok Cina, berbatasan dengan Jakarta-Margonda.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Karta Raharja Ucu
Kota Depok. Pemkot Depok sedang membangun Tugu Selamat Datang di perbatasan Margonda-Jakarta senilai Rp 1,7 miliar.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Kota Depok. Pemkot Depok sedang membangun Tugu Selamat Datang di perbatasan Margonda-Jakarta senilai Rp 1,7 miliar.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok mengungkapkan sedang membangun Tugu Selamat Datang Kota Depok di perbatasan Jakarta-Margonda. Pembangunan tugu berlangsung sejak Agustus dan ditarget rampung pada akhir Desember 2023.

“Iya, kami sedang membangun Tugu Selamat Datang yang berlokasi di Kelurahan Pondok Cina (Pocin), Kecamatan Beji. Waktu pelaksanaan selama 120 hari kerja, terhitung sejak Agustus sampai dengan Desember Tahun 2023,” jelas Kepala Disrumkim Kota Depok, Dadan Rustandi dikutip dari situs informasi Pemkot Depok, Senin (13/11/2023).

Menurut Dadan, hingga akhir Oktober, progres pekerjaan saat ini telah mencapai 70 persen. Dengan tahap pekerjaan berupa finishing struktur baja dan struktur beton bawah berupa pekerjaan kolom, balok dan plat lantai.

“Kemudian juga sedang dikerjakan pemasangan batu alam di areal pagar artifisial. Adapun pagu anggaran yang digunakan sebesar Rp1,7 miliar,” katanya.

Dadan menjelaskan, desain tugu disesuaikan dengan sejarah dan budaya Kota Depok. Seperti adanya, bentuk gigi balang, kujang, logo Depok Friendly City dan logo Kota Depok.

Tugu juga dibangun dengan menunjukkan falsafah dalam kehidupan masyarakat Betawi di Kota Depok yang maknanya adalah hidup harus selalu jujur, rajin, ulet, dan sabar. Dilengkapi dengan unsur emas sebagai simbol kesuksesan dan prestasi Kota Depok.

“Latar belakang filosofis yang ingin dicapai dari tugu ini adalah mengambil ciri khas budaya setempat serta visi dan misi dari Kota Depok. Mudah-mudahan bisa selesai tepat waktu dan sesuai harapan,” ujarnya.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement