Rabu 08 Nov 2023 07:27 WIB

Bebas Ribet, Ini 5 Situs Gratisan untuk Unduh Video Favorit Youtube

Setiap menit diperkirakan 500 jam video diunggah ke YouTube.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ada sejumlah situs pengunduh YouTube untuk menyimpan video YouTube favorit Anda/ilustrasi
Foto: Pixabay
Ada sejumlah situs pengunduh YouTube untuk menyimpan video YouTube favorit Anda/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---YouTube memiliki banyak sekali koleksi video dan terus berkembang. Setiap menit diperkirakan 500 jam video diunggah ke YouTube secara global. Meskipun mudah untuk melakukan streaming video menggunakan data atau koneksi Wi-Fi, banyak pengguna lebih memilih video favorit mereka untuk ditonton secara offline. Lagi pula, menonton secara online kerap terganggu oleh iklan. 

YouTube menawarkan opsi untuk mengunduh dan menyimpan video di platformnya untuk ditonton secara offline, terutama tersedia dalam kualitas rendah dan sedang. Namun, untuk mengakses unduh berkualitas tinggi, seperti 720p dan full HD pada 1080p, Anda perlu membeli langganan YouTube Premium.

Baca Juga

Namun, jika Anda tidak ingin berlangganan premium, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan situs web tidak resmi. Karena Youtube ke depannya bisa mengatasi hal ini, alangkah lebih baik berlangganan premium adalah pilihan yang lebih aman. Jika masih memutuskan untuk menjelajahi situs web eksternal untuk mengunduh video YouTube, pertimbangkan untuk menggunakan pemblokir iklan karena situs web tersebut cenderung dipenuhi iklan. Berikut lima situs pengunduh YouTube untuk menyimpan video YouTube favorit Anda, seperti dikutip dari Slash Gear, Rabu (8/11/2023).

 

1.Publer

Publer bukanlah situs pengunduhan video YouTube pada umumnya. Ini lebih merupakan alat manajemen media sosial yang komprehensif, membantu mengelola, menganalisis, dan menjadwalkan postingan di berbagai platform sosial, semuanya di satu tempat yang nyaman. Publer mengklaim dapat memberikan Anda video dalam kualitas HD, dan berfungsi dengan cukup baik. Namun, jika Anda menempatkannya berdampingan dengan video HD asli di YouTube, Anda mungkin melihat sedikit penurunan kualitas.

 

2.SSYouTube

Platform ini sangat berguna untuk mengunduh video online. Meskipun pengguna dapat menggunakan SSYouTube untuk mengunduh video dari berbagai platform, seperti TikTok, Instagram, Facebook, dan Twitter, SSYouTube berpusat pada pengunduhan video YouTube secara langsung ke perangkat Anda. SSYouTube kompatibel dengan banyak browser web, termasuk Google Chrome, Safari, Mozilla Firefox, Opera, dan Chromium, dan juga kompatibel dengan Sistem Operasi Windows, iOS, Android, dan Linux. Cukup salinn URL video YouTube, tempelkan ke platform, pilih kualitas video yang diinginkan, dan mulailah proses pengunduhan.

 

3.X2Mate

X2Mate adalah situs web sederhana yang memungkinkan pengguna mengunduh video YouTube langsung ke perangkat mereka, sehingga tidak memerlukan perangkat lunak atau aplikasi eksternal. Buka di browser web ponsel cerdas atau laptop, dan Anda akan melihat kotak tempat Anda dapat menempelkan tautan video YouTube apa pun untuk diunduh. 

 

4. Online Video Converter

Situs ini memberikan solusi mudah untuk mengunduh dan menyimpan video dari berbagai platform streaming video online, termasuk YouTube, untuk ditonton secara offline. Pengguna memiliki opsi untuk mengunduh video dalam format MP4 atau mendapatkannya dalam format audio. Buka YouTube menggunakan perangkat apa pun, akses video yang ingin diunduh, ketuk tombol bagikan, dan salin tautan video. Selanjutnya, kunjungi situs web Online Video Converter, tempelkan tautan ke kotak URL yang ditentukan, dan klik tombol unduh.

 

5.Wave Video

Wave video adalah platform untuk membuat dan merekam video. Platform ini memperluas fiturnya dengan menyertakan pengunduh video YouTube berbasis web. Salin URL video YouTube, tempelkan tautan ke platform, dan unduh video yang diinginkan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement