Senin 30 Oct 2023 19:16 WIB

Snack Video Dukung UMKM Naik Kelas dan Go Digital

Saat ini terdapat 43 juta pengguna aktif bulanan SnackVideo di seluruh Indonesia.

Pelaku UMKM merekam video (ilustrasi). Platform video SnackVideo mendorong UMKM Naik Kelas dan Go digital.
Foto: AP Photo/Tatan Syuflana
Pelaku UMKM merekam video (ilustrasi). Platform video SnackVideo mendorong UMKM Naik Kelas dan Go digital.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah terus meningkatkan tingkat kewirausahaan di Indonesia. Menurut data Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, pada 2022, tingkat kewirausahaan di Indonesia masih berada diangka 3,47 persen dari total penduduk Indonesia. Padahal, pemerintah memiliki target pertumbuhan wirausaha mencapai jumlah ideal, yaitu 3,95 persen dari total penduduk Indonesia pada 2024.

Untuk itu dibutuhkan kolaborasi antarpemangku kepentingan dengan banyak pihak untuk mendorong wirausaha Indonesia dapat tumbuh dan berkembang sesuai target.

Baca Juga

Salah satu yang mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah adalah platform sosial Snack Video. Kolaborasi dengan UMKM ini merupakan salah satu bentuk dukungan untuk meningkatkan jumlah wirausahawan atau pelaku UMKM di Indonesia.

Salah satu bentuk kolaborasi yang telah dilakukan oleh SnackVideo dengan pemangku kepentingan UMKM adalah kolaborasi SnackVideo dengan SMESCO Indonesia dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Indonesia untuk pelaksanaan Indonesia Digital MeetUp 2023. Ajang yang telah berlangsung pada awal Oktober lalu di SMESCO Indonesia Exhibition & Convention Hall, Jakarta, ini diikuti oleh lebih dari 3.000 calon pelaku serta pelaku UMKM.

 

Leonard Theosabrata, Direktur Utama SMESCO Indonesia, mengatakan, saat ini pemerintah sedang mendorong terjadinya kolaborasi yang kuat antara pemangku kepentingan UMKM dengan penyedia platform digital. Digitalisasi UMKM merupakan salah satu cara penting agar UMKM bisa naik kelas atau scale up. 

"Sesi talkshow dengan peserta tentang pemanfaatan SnackVideo dalam strategi digital marketing diharapkan dapat memberi dorongan bagi para pelaku UMKM untuk segera melakukan digitalisasi agar bisnis mereka dapat naik kelas," kata Leonard dalam keterangan pers, Senin (30/10/2023).

Dengan strategi promosi yang tepat, penggunaan video pendek dapat menjadi cara efektif untuk menjangkau target pasar. Apalagi dalam tiga tahun terakhir, jumlah masyarakat Indonesia yang mengakses platform video pendek meningkat sangat pesat.

Penetrasi video pendek dalam kehidupan....

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement