Ahad 29 Oct 2023 19:17 WIB

Banyak Manfaatnya, Jangan Sepelakan Asuransi Kecelakaan

Pastikan asuransi yang dipilih sesuai kebutuhan dan preminya sesuai kemampuan.

Serpihan bekas kecelakaan antara truk dan motor yang melawan arah di Jalan Raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (22/8/2023).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Serpihan bekas kecelakaan antara truk dan motor yang melawan arah di Jalan Raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (22/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kecelakaan adalah masalah serius karena dapat menyebabkan cacat hingga kematian dan kerugian materi dalam jangka panjang yang dapat mengancam masa depan pelaku, korban, dan keluarga.

Head of Sequis Digital Channel Antonius Tan menyampaikan, alasan kita perlu memiliki asuransi kecelakaan karena asuransi berfungsi untuk melindungi finansial jika tertanggung yang diasuransikan oleh nasabah asuransi mengalami risiko kecelakaan. "Risiko tersebut tentu membutuhkan sejumlah dana untuk membantu pengobatan atau menjadi pengganti pendapatan keluarga sementara waktu," kata Antonius melalui keterangan tulis, Ahad (29/10/2023).

Baca Juga

Berikut tips memilih asuransi kecelakaan diri:

> Pilih jenis asuransi sesuai kebutuhan.

 

Saat ini sangat mudah menemukan asuransi kecelakaan termasuk yang dijual secara online. Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah sesuaikan dengan kebutuhan. Pertimbangannya apakah bekerja di luar rumah, kerap bekerja secara mobile, dan apakah sebagai pencari nafkah.

Kemudian, pertimbangkan soal besaran premi. Pilihlah asuransi yang nominalnya tidak memberatkan sehingga setiap bulannya Anda dapat tetap konsisten membayar premi.

 

> Ketahui manfaatnya.

Memilih jenis asuransi yang sesuai kebutuhan juga berkenaan dengan hak pemegang asuransi. Anda  berhak mengetahui manfaat apa yang diberikan dari asuransi kecelakaan tersebut dengan jumlah premi yang harus Anda bayarkan.

 

>> Kumpulkan informasi perusahaan asuransi.

Karena banyaknya asuransi kecelakaan yang bisa Anda temukan maka untuk mengurangi kebingungan memilih yang mana, saran dari Anton adalah jangan terburu-buru memutuskan hanya karena iming-iming keuntungan besar. Seleksi dulu apakah perusahaan penyedia asuransi tersebut berizin dan diawasi oleh OJK, apakah memiliki reputasi baik, apakah finansialnya kuat, dan apakah memiliki citra positif di media massa karena Anda akan mempercayakan jaminan keselamatan diri pada perusahaan asuransi tersebut.

Memilih perusahaan asuransi yang memiliki reputasi baik bisa Anda lihat dari informasi di laman, dan cek tata cara klaim. "Cek pula di mesin pencari Google atau media sosial bagaimana perusahaan tanggap menangani kasus gagal klaim," sebut Anton.

 

>> Layanan nasabah yang mudah dihubungi.

Perusahaan asuransi yang baik tentu akan memaksimalkan layanan nasabahnya agar nasabah dapat cepat mengetahui informasi polis, tata cara klaim, dan kondisi pengajuan klaim. Sebagai calon nasabah, Anda bisa menanyakan kepada teman atau keluarga atau mencoba sendiri untuk mendapatkan pengalaman bagaimana perusahaan tersebut menjelaskan mengenai produk dan layanan yang diberikan.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement