Rabu 25 Oct 2023 20:15 WIB

Ini Alasan Jokowi Lantik Amran Lagi Jadi Mentan

Amran diperintahkan langsung bekerja.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Lida Puspaningtyas
Presiden Jokowi saat memberikan ucapan selamat kepada sejumlah pejabat yang dilantik hari ini, di antaranya Mentan Andi Amran Sulaiman dan KSAD Agus Subiyanto di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/10/2023).
Foto: Republika/Dessy Suciati Saputri
Presiden Jokowi saat memberikan ucapan selamat kepada sejumlah pejabat yang dilantik hari ini, di antaranya Mentan Andi Amran Sulaiman dan KSAD Agus Subiyanto di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Presiden Joko Widodo mengatakan alasannya melantik Amran Sulaiman menjadi Menteri Pertanian untuk kedua kalinya. Sebelumnya Amran adalah Mentan di era pemerintahan Jokowi 2014-2019. Tadi pagi, Rabu (25/10/2023), Jokowi kembali melantik amran untuk menggantikan posisi Syahrul Yasin Limpo yang terseret kasus korupsi.

"Langsung bisa kerja karena beliau dulu Mentan. Jadi nggak usah belajar birokrasi. Udah mengetahui," kata Jokowi saat menyalurkan bantuan langsung tunai ke warga Padang di Gudang Bulog Sumbar.

Jokowi menyebut dirinya tidak memberikan waktu buat Mentan beristirahat pasca dilantik. Ia memerintahkan Amran langsung bekerja. Tugas utama yang diberikan Jokowi kepada Amran adalah mengejar agar produksi padi dan produksi beras meningkat sesuai target. Sehingga beras yang beredar di masyarakat dapat dibeli dengan harga yang terjangkau.

Sebelumnya diberitakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Andi Amran Sulaiman untuk kembali menjabat sebagai Menteri Pertanian setelah Syahrul Yasin Limpo tersandung kasus hukum. Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (25/10/2023) pagi.

 

Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden No 101/P Tahun 2023 tentang pengangkatan Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju periode tahun 2019-2024. Acara kemudian dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan oleh Presiden Jokowi.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," ucap Jokowi saat mendiktekan sumpah jabatan.

Pelantikan ini turut dihadiri sejumlah pejabat. Di antaranya yakni Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Laksamana TNI Yudo Margono, Menko Polhukam Mahfud MD, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Amran Sulaiman sendiri diketahui pernah menjabat sebagai Menteri Pertanian pada periode 2014-2019 dalam kabinet Jokowi-Jusuf Kalla.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement