Selasa 24 Oct 2023 11:44 WIB

Beberapa Perusahaan Asing Masih Bertahan di Rusia, Ini Alasannya

Perusahaan yang keluar dari Rusia akan kehilangan banyak pendapatan.

Rep: Desy Susilawati / Red: Friska Yolandha
Deretan botol Pepsi di Supermarket. Pepsi adalah salah satu perusahaan yang masih bertahan di Rusia.
Foto:

KSE Institute mengeklaim 1.400 perusahaan masih menjalankan bisnis dalam beberapa bentuk di dalam negeri, berdasarkan perhitungan CELI, sekitar 500 perusahaan melakukan hal yang sama.

Nama yang dikenal dalam daftar KSE adalah PepsiCo. Pada awal September, Badan Nasional Pencegahan Korupsi Ukraina menuduh raksasa minuman ringan multinasional itu terus memproduksi produk makanan di Rusia meskipun mereka menghentikan produksi Pepsi-Cola, 7Up dan Miranda. 

Raksasa teknologi dan keuangan, termasuk perusahaan Cina Alibaba , juga terus menjalankan bisnis di sana, seperti halnya perusahaan farmasi Inggris-Swedia AstraZeneca . Maskapai penerbangan termasuk Emirates, China Eastern dan Air Serbia masih secara terbuka mengiklankan penerbangan ke Rusia di situs web mereka.

Perusahaan-perusahaan lain, seperti perusahaan penyulingan India, Chennai Petroleum, bersiap-siap dan bukannya keluar, perusahaan tersebut memperluas layanannya ke Rusia karena invasi tersebut. 

Kritik terhadap perusahaan-perusahaan yang tetap bertahan di Rusia, termasuk pendiri Yale Chief Executive Leadership Institute Jeffrey Sonnenfeld, mengecam perusahaan-perusahaan ini sebagai perusahaan yang serakah atau bahkan terlibat dalam invasi Rusia. Namun menghentikan operasi di negara dengan implikasi bisnis yang besar bukanlah hal mudah. 

Beberapa bisnis tetap bertahan karena kurangnya tekanan pada mereka untuk keluar, atau karena adanya ancaman nyata. Yang lain percaya bahwa tetap tinggal adalah pilihan paling manusiawi bagi konsumen mereka.

Mengapa bertahan?

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement