Selasa 24 Oct 2023 07:38 WIB

DAMRI Kembali Buka Rute Pontianak-Ketapang, Ini Jadwalnya

DAMRI kembali membuka rute Pontianak-Ketapang pada 13 Oktober 2023.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ahmad Fikri Noor
Ilustrasi bus DAMRI.
Foto: Istimewa
Ilustrasi bus DAMRI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- DAMRI kembali membuka rute Pontianak-Ketapang pada 13 Oktober 2023 yang semula sempat ditutup. Plt Corporate Secretary DAMRI Chrystian RM Pohan mengatakan, layanan tersebut beroperasi tiga kali di tiap pekan dengan tarif yang berlaku sebesar Rp 280 ribu. 

"Rute ini sempat dinonaktifkan pada akhir 2022 karena infrastruktur yang dilalui belum mendukung mobilisasi menggunakan bus. Terlebih menjadi tantangan bagi DAMRI saat melayani ketika musim hujan karena jalanan terendam oleh air," kata Chrystian dalam pernyataan tertulisnya, Senin (23/10/2023). 

Baca Juga

Dengan diaktifkannya kembali rute Pontianak-Ketapang, dia mengharapkan layanan tersebut akan memberikan angin segar bagi pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Barat. Hal tersebut dikarenakan pengaktifan rute Pontianak-Ketapang didasarkan pada potensi penumpang yang tinggi antara dua wilayah tersebut.  

"Rute ini berpotensi tinggi karena dukungan mobilisasi dari dan menuju ibu kota yang identik dengan khatulistiwa," tutur Chrystian. 

Dampak lain yang dapat dirasakan yaitu memberikan alternatif pilihan perjalanan. Dengan begitu, Chrystian yakin mobilitas masyarakat yang ada di sekitar rute tersebut dapat mudah dijangkau dengan aman dan nyaman. 

Calon penumpang yang ingin melakukan perjalanan dengan rute Pontianak-Ketapang atau rute sebaliknya dapat melakukan pemesanan tiket melalui nomor WhatsApp 0812-5420-6001. DAMRI juga menyediakan jasa pengiriman paket yang dapat dimanfaatkan pelanggan. 

"DAMRI berupaya selalu mengutamakan excellent service dan perjalanan yang aman bagi pelanggan," ujar Chrystian. 

Rute Pontianak-Ketapang, jadwal keberangkatan tersedia setiap Senin, Rabu, dan Jumat pukul 08.00 WIB dari Terminal ALBN Ambawang. Sementara untuk rute Ketapang- Pontianak, jadwal keberangkatan tersedia setiap hari Rabu, Jumat, dan Ahad pukul 08.00 WIB dari Terminal Pangeran Giri Kusuma.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement