Ahad 22 Oct 2023 15:30 WIB

Beragam Respons CEO Soal Perang Israel, dari Mendukung Hingga Tolak Rekrut Pendukung Hamas

CEO Starbucks mengundurkan diri di tengah reaksi keras atas pernyataan publiknya

Rep: Novita Intan/ Red: Friska Yolandha
Logo Starbucks Workers United di baju mantan karyawan Starbucks yang menghadiri sidang di Capitol di Washington, pada 29 Maret 2023. Starbucks dan serikat pekerja yang mewakili ribuan barista saling menggugat atas tweet pro-Palestina.
Foto: AP Photo/J. Scott Applewhite
Logo Starbucks Workers United di baju mantan karyawan Starbucks yang menghadiri sidang di Capitol di Washington, pada 29 Maret 2023. Starbucks dan serikat pekerja yang mewakili ribuan barista saling menggugat atas tweet pro-Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Starbucks menuduh serikat pekerja yang mewakili ribuan barista merusak merek dan membahayakan rekan kerja dengan tweet pro-Palestina. CEO Starbucks mengundurkan diri di tengah reaksi keras atas pernyataan publiknya yang menyatakan bahwa Israel melakukan kejahatan perang. 

Seperti dilansir AP, Sabtu (21/10/2023) para petinggi perusahaan bersumpah tidak akan pernah mempekerjakan anggota kelompok mahasiswa universitas yang mengutuk Israel. Sementara itu, para aktivis hak-hak Islam mengatakan sebagian besar respons perusahaan telah meminimalkan penderitaan di Gaza.

Baca Juga

Ribuan orang tewas akibat serangan udara Israel dan menciptakan suasana ketakutan bagi para pekerja yang ingin menyatakan dukungannya terhadap warga Palestina. 

Kelompok-kelompok Yahudi mengkritik tanggapan yang lemah atau reaksi yang lambat terhadap serangan Hamas pada 7 Oktober yang menewaskan 1.400 orang di Israel dan memicu perang terbaru.

Dampak perang Israel-Hamas telah meluas ke tempat kerja dimanapun. Para pemimpin perusahaan terkemuka mempertimbangkan pandangan mereka sementara para pekerja mengeluh bahwa suara mereka tidak didengar. 

Banyak perusahaan AS yang memiliki hubungan kuat dengan Israel, khususnya di antara perusahaan teknologi dan keuangan yang beroperasi dan memiliki karyawan di negara tersebut.

Para eksekutif di JP Morgan Chase & Co, Goldman Sachs, Google, dan Meta termasuk di antara lusinan orang yang dengan cepat mengutuk serangan Hamas dan menyatakan solidaritasnya kepada rakyat Israel dalam pernyataan publik, postingan media sosial, atau bahkan panggilan telepon perusahaan. Banyak dari mereka menjanjikan bantuan kemanusiaan senilai jutaan dolar dan upaya rinci untuk melindungi pekerja di Israel.

Dalam postingan Linkedin dan surat kepada karyawannya, CEO Pfizer Albert Bourla mengatakan dia terus-menerus berbicara melalui telepon dengan teman dan kerabat di Israel dan mengungkapkan kengeriannya mendengar warga sipil dari segala usia menjadi sasaran dan dibunuh dengan darah dingin, sandera disandera. Dia mengimbau para karyawan saling memeriksa dan mengatakan Pfizer meluncurkan kampanye bantuan kemanusiaan.

“Tidaklah cukup hanya mengutuk tindakan ini – kita sendiri yang harus mengambil tindakan,” tulis Bourla.

Reaksi terhadap pandangan yang....

 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement