Jumat 20 Oct 2023 11:42 WIB

Pengamat: Keberhasilan Transformasi BUMN Erick Thohir Harus Terus Berlanjut

Erick disebut menuntaskan satu per satu permasalahan yang dihadapi BUMN.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Lida Puspaningtyas
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.
Foto: IG Erick Thohir
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Eksekutif Segara Research Institute, Piter Abdullah Redjalam, mengatakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengalami perubahan yang sangat signifikan di bawah kepemimpinan Erick Thohir. Piter menyampaikan transformasi yang dilakukan Erick terbukti membawa perubahan besar dalam perbaikan kinerja BUMN dalam empat tahun terakhir.

"Prestasi Menteri BUMN Erick Thohir yang paling menonjol adalah melakukan restrukturisasi BUMN, holdingisasi, dan mengurangi jumlah BUMN," ujar Piter saat dihubungi Republika di Jakarta, Jumat (20/10/2023).

Menurut Piter, langkah Erick dengan menyatukan BUMN-BUMN dalam ekosistem yang sama merupakan hal yang tepat. Piter menyampaikan kehadiran holdingisasi meningkatkan fokus BUMN dan memperkuat ekosistem yang terintegrasi antarBUMN.

"BUMN bisa lebih fokus dan berkinerja lebih baik," ucap Piter.

 

Piter menyampaikan Erick juga berhasil menyelesaikan persoalan BUMN yang telah terjadi sejak lama. Berkat tangan dinginnya, Erick menuntaskan satu per satu permasalahan yang dihadapi BUMN.

"Pak Erick Thohir menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang melanda BUMN seperti Jiwasraya, Asabri, dan Garuda," sambung Piter.

Piter juga mengapresiasi komitmen Erick dalam melakukan bersih-bersih BUMN dengan tujuan meningkatkan tata kelola perusahaan yang baik dan profesional. Piter menyebut komitmen Erick telah ditunjukkan dengan melibatkan aparat penegak hukum (APH) dalam membersihkan BUMN dari tindakan koruptif yang merugikan perusahaan, negara, dan masyarakat.

Dengan pencapaian tersebut, Piter mengatakan perlunya komitmen yang sama untuk pemerintahan selanjutnya dalam meneruskan prestasi yang telah diberikan Erick di BUMN. Piter menilai keberlanjutan transformasi BUMN sangat penting bagi perekonomian Indonesia.

"Apa yang sudah dilakukan oleh Menteri Erick Thohir hendaknya terus dilanjutkan, memang tidak mudah. Yang dibutuhkan pemerintah selanjutnya adalah pemerintah yang mengusung keberlanjutan," kata Piter.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement