Kamis 19 Oct 2023 17:35 WIB

Hore, Bulan Depan Bisa Belanja di Singapura Pakai QRIS

Dengan begitu, QRIS dapat digunakan di Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ahmad Fikri Noor
Tangkapan layar Deputi Gubernur Bank Indonesia Filianingsih Hendarta dalam konferensi pers bulanan RDG BI Oktober 2023, Kamis (19/20/2023). 
Foto: Tangkapan Layar
Tangkapan layar Deputi Gubernur Bank Indonesia Filianingsih Hendarta dalam konferensi pers bulanan RDG BI Oktober 2023, Kamis (19/20/2023). 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Indonesia (BI) memastikan digitalisasi pembayaran menggunakan QR Code atau QRIS di Singapura bisa terlaksana bulan depan. Sebelumnya, BI sudah melakukan uji coba interkoneksi pembayaran antara Indonesia dan Singapura.

"Dengan Singapura, QRIS Insya Allah November 2023 akan diimplementasikan," kata Perry dalam konferensi pers RDG Bulanan BI Oktober 2023, Kamis (19/10/2023).

Baca Juga

Dengan bertambahnya Singapura maka pembayaran berbasis kode QR yang bekerja sama dengan Indonesia semakin bertambah. Dengan begitu, QRIS dapat digunakan di Singapura, Malaysia, dan Thailand.

"Jadi di ketiga negara ini ke mana-mana tinggal bawa HP bisa menggunakan QRIS untuk transaksi ritel dan ini mendorong UMKM di Indonesia dan UMKM di kawasan ini sehingga mendorong PE untuk konsumsi domestiknya," jelas Perry.

 

Sementara itu, Deputi Gubernur BI Filianingsih Hendarta juga menargetkan kerja sama transaksi cross border dengan Singapura dapat terlaksana pada November 2023. Selain itu juga diperluas dengan negara-negara lainnya.

"Mudah-mudahan November 2023 dengan Singapura dan berikutnya Jepang dan Korea Selatan mungkin dengan China juga. Jadi kalau pergi ke tiga negara itu (Malaysia, Thailand, dan Singapura) tinggal scan yang penting ada saldonya," ucap Filianingsih.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement