Rabu 18 Oct 2023 09:11 WIB

Keunggulan B Range pada Honda C-RV RS e:HEV

Dengan kehadiran fitur B Range, teknologi Decelerations Selector semakin komplit.

CR-V RS e:HEV yang dipasarkan di Indonesia mulai pertengahan Agustus 2023. Foto diambil usai kendaraan dijajal berkendara dengan destinasi Kabupaten Giayar, Senin (16/10/2023).
Foto: ANTARA/Livia Kristianti
CR-V RS e:HEV yang dipasarkan di Indonesia mulai pertengahan Agustus 2023. Foto diambil usai kendaraan dijajal berkendara dengan destinasi Kabupaten Giayar, Senin (16/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, KABUPATEN BANGLI -- PT Honda Prospect Motor (HPM) telah secara resmi memboyong generasi terbaru dari model CR-V salah satunya varian C-RV RS e:HEV mobil SUV bertenaga hybrid menawarkan pengalaman sporty.

Salah satu peningkatan yang dibawa dalam mobil itu ialah fitur berkendara bernama B Range yang berguna untuk mempermudah pengguna saat melakukan perlambatan atau deselerasi.

Kepala Teknik Pengembangan Desain dari Automobile Development Center Automobile Operations Honda Hirofumi Hanafusa di Kabupaten Bangli, Bali, Selasa (17/10), mengatakan ada dua skema yang menguntungkan pengguna saat fitur B Range diaktifkan.

"Skema pertama ketika berada di posisi turunan dan pengguna menggunakan B Range, mereka bisa nyaman karena mobil sudah dengan sendirinya melakukan deselerasi. Jadi, setelah akslerasi, tanpa menginjak rem pun mobil sudah otomatis mengerem," kata Hanafusa.

 

Secara sederhana saat pengguna berhenti menginjak gas, maka tanpa perlu menginjak gas mobil Honda CR-V RS e:HEV bisa secara mandiri melambatkan lajunya berkat kehadiran fitur B Range.

Pada skema kedua, fitur B Range membawa keuntungan untuk menjadi rem otomatis di saat menghadapi padat merayap. Mobil akan secara otomatis mengidentifikasi kondisi di jalan raya dan mengestimasikan jarak yang perlu dipertahankan dengan mobil lainnya.

"Jadi, ketika masuk ke mode B Range di jalan rata tapi padat itu dia (fitur ini) bisa menjaga agar mobil bisa jalan pelan-pelan. Jadi, mobil tinggal dikendalikan dengan satu pedal yaitu gas saja," kata Hanafusa.

Selain kedua keunggulan tersebut, B Range juga membawa keuntungan untuk pengisian baterai yang digunakan pada mobil itu karena saat difungsikan, fitur itu memungkinkan penggunanya bisa lebih fokus dalam mengontrol pedal gas.

Berbekal teknologi bernama Decelerations Selector yang memiliki fungsi kurang lebih seperti sistem pengereman regeneratif yang hanya ditemukan di kendaraan listrik, CR-V RS e:HEV memungkinkan pengguna bisa mengisi daya lebih optimal saat melakukan deselerasi.

Dengan kehadiran fitur B Range, teknologi Decelerations Selector semakin komplit karena secara alami pengisian daya baterai lebih efisien.

"Bisa dibilang begitu (mempercepat pengisian baterai). Karena kan saat lepas gas saja ini sudah isi baterai. Kalau (B range) diaktifkan dengan adanya Deselerations Selector maka frekuensi (pengisian baterai) bisa bertambah," kata Hanafusa menutup penjelasan.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement