Senin 16 Oct 2023 11:34 WIB

Ternyata Begini Syarat Pembayaran Bagi Hasil Iklan di Twitter

Pendapatan hanya diperoleh untuk iklan yang ditampilkan pada pengguna terverifikasi.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
X hanya mengeluarkan pembayaran kepada pengguna yang membayar langganan melalui X Premium atau Organisasi Terverifikasi/ilustrasi.
Foto: EPA-EFE/ETIENNE LAURENT
X hanya mengeluarkan pembayaran kepada pengguna yang membayar langganan melalui X Premium atau Organisasi Terverifikasi/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Platform media sosial X (dulu Twitter) telah menawarkan program bagi hasil iklan atau Adds Revenue Sharing kepada kreator konten. Pembayaran ‘gaji’ kepada kreator itu memiliki syarat dan ketentuan berlaku.

Belakangan, pengguna X mengeluhkan pembayaran yang dianggap kerap molor. Engineer Eric Farraro menjawab pertanyaan dari pengguna yang masih belum mendapatkan pembayaran sesuai harapan mereka.

Baca Juga

Menurut dia, X telah berkali-kali mengirimkan pembayaran bagi hasil iklan tepat waktu tanpa penundaan di menit-menit terakhir. Hal itu didasarkan pada beberapa alasan.

Pertama, pengguna X hanya memperoleh pendapatan iklan dari pengguna X lain yang berbayar. Kedua, pengiklan tidak membayar banyak untuk menjangkau demografi yang atraktif. Alasan lainnya adalah postingan tidak mendapat banyak balasan atau kontennya tidak cocok untuk iklan.

Alasan pertama adalah alasan yang tidak disembunyikan oleh X. Berikut penjelasan Farraro, seperti dilansir dari The Verge, Senin (16/10/2023).

Syarat pertama adalah pengguna premium atau terverifikasi. Pendapatan hanya diperoleh untuk iklan yang ditampilkan kepada pengguna terverifikasi. Ini adalah salah satu dari banyak cara X memitigasi upaya untuk memanipulasi program. “Dua pertanyaan terbesar yang saya dapatkan adalah “saya tidak menerima pembayaran dan “pembayaran saya rendah”,” kata dia.

X hanya mengeluarkan pembayaran kepada pengguna yang membayar langganan melalui X Premium atau Organisasi Terverifikasi (dan memiliki audiens yang cukup besar untuk memenuhi syarat). Namun juga, setiap uang yang dibayarkan kepada kreator tersebut (dari uang yang dibayarkan pengiklan sebesar X untuk menampilkan iklan mereka) hanya didasarkan pada penayangan dari orang lain yang juga membayar untuk akun premium atau terverifikasi.

Bagi kreator yang mengunggah di X, diperlukan tiga pembayaran masuk terpisah, termasuk uang yang dibayarkan kreator untuk akun terverifikasi miliknya, untuk menciptakan potensi satu pembayaran keluar dari X kembali ke kreator. Sumber pendanaan tersebut jika disusun dalam bentuk poligonal adalah antara pengguna dan geometri.

Pengguna dapat membeli langganan Premium X hanya dengan 7,99 dolar AS (Rp 125 ribuan) per bulan jika masih tertarik, dan pembayaran dijanjikan akan dilakukan secara teratur jika kreator dapat menghasilkan lebih dari 10 dolar AS (Rp 157 ribu).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement