Sabtu 14 Oct 2023 19:49 WIB

Bikin UMKM Mendunia, Erick Luncurkan Windownesia di Australia

Windownesia di Perth juga disambut apresiasi tinggi dari para pelancong internasional

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Lida Puspaningtyas
Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) dan Direktur Utama PT Sarinah Fetty Kwartati (kiri) dalam konferensi pers mengenai Windownesia di Gedung Sarinah, Jakarta, Sabtu (14/10/2023).
Foto: Republika/Muhammad Nursyamsi
Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) dan Direktur Utama PT Sarinah Fetty Kwartati (kiri) dalam konferensi pers mengenai Windownesia di Gedung Sarinah, Jakarta, Sabtu (14/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- BUMN ritel kebanggaan Indonesia, Sarinah meluncurkan Toko Windownesia pertama pada 11 Oktober 2023 di Perth, Australia. Windownesia merupakan wujud kerja sama strategis dan bersejarah antara PT Sarinah dan Dufry International AG yang merupakan operator toko bebas bea terbesar di dunia. 

Inisiatif kolaborasi ini bertujuan memberikan wadah khusus untuk memamerkan dan memasarkan produk-produk Indonesia pada beragam kanal distribusi Dufry yang mengoperasikan toko bebas bea di seluruh dunia. Peluncuran Windownesia di 

Terminal Kedatangan, Perth Airport TNG (Australia) Pty Ltd, 2 George Wiencke Drive Perth Airport, Australia, menandai awal perjalanan yang menarik dalam mempromosikan produk-produk Tanah Air ke pasar dunia. 

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mengapresiasi kolaborasi yang akan mengangkat produk lokal dan UMKM Indonesia ke pasar global. 

"Windownesia adalah langkah besar menuju Indonesia sebagai pusat budaya dan ekonomi yang beragam, dengan produk-produk unggulan Indonesia memasuki global," ujar Erick di Sarinah, Jakarta, Sabtu (14/10/2023).

Erick menyampaikan hal ini mencerminkan komitmen pemerintah untuk mendukung UMKM Indonesia dan memperkenalkan produk-produk unggulan Indonesia ke pasar internasional. Erick menyebut Windownesia merupakan langkah bersejarah dalam menjadikan Indonesia sebagai pusat budaya dan ekonomi dengan segala keberagamannya.

"Pembukaan Windownesia ini akan menjadi reciprocal business yang menempatkan Indonesia tidak hanya sebagai market, tapi juga bisa mensuplai produk dan brand unggulan Indonesia ke pasar internasional," ucap Erick. 

Direktur Utama PT Sarinah Fetty Kwartati mengatakan inisiatif ini sejalan dengan misi Sarinah untuk memberdayakan UMKM lokal dan menjadikan Indonesia pusat kreativitas dan kerajinan dunia. Fetty mengaku bangga dengan kepercayaan Dufry International AG yang bermitra dengan Sarinah. 

"Dengan diresmikannya toko ini, Sarinah kembali menjadi pelopor dalam menciptakan Windownesia sebagai jendela Indonesia di luar negeri, sekaligus turut mempromosikan pariwisata Indonesia," ujar Fetty. 

Fetty menyampaikan Sarinah akan membuka lebih banyak Windownesia di negara-negara lain di Asia, Timur Tengah, dan Eropa. Fetty menilai CEO Asia Pacific Dufry Autogrill, Freda, sangat antusias kerja sama dengan Sarinah dalam Windownesia yang merupakan konsep yang unik sekaligus memperkaya pengalaman para pelanggan Dufry AG. Fetty menyampaikan Windownesia di Perth juga disambut apresiasi tinggi dari para pelancong internasional.

"Kami bahagia karena mendapat kesempatan untuk menawarkan produk-produk khas Indonesia ke seluruh dunia.Keberadaan Windownesia diyakini akan mengubah cara produk-produk Indonesia dilihat dan dikonsumsi di seluruh dunia. Ini wadah baru bagi UMKM nasional untuk tumbuh dalam perekonomian dunia yang semakin terhubung," kata Fetty. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement