Kamis 12 Oct 2023 23:53 WIB

Produksi di Cianjur Sejak 2011, Aqua Komitmen Tingkatkan Kualitas Lingkungan

AQUA Cianjur meyakini kolaborasi multipihak mampu melestarikan sumber daya air

Pabrik Danone Indonesia menggunakan panel surya. Pabrik AQUA Cianjur bertekad meningkatkan kinerja produksi dan prestasi dalam menghadirkan berbagai produk berkualitas sekaligus bersama berbagai pihak
Foto: istimewa
Pabrik Danone Indonesia menggunakan panel surya. Pabrik AQUA Cianjur bertekad meningkatkan kinerja produksi dan prestasi dalam menghadirkan berbagai produk berkualitas sekaligus bersama berbagai pihak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Pabrik AQUA Cianjur bertekad meningkatkan kinerja produksi dan prestasi dalam menghadirkan berbagai produk berkualitas, sekaligus bersama berbagai pihak terkait menjaga keberlanjutan lingkungan melalui pelaksanaan program-program tanggung jawab sosial lingkungan. 

Senior External Relations Manager Danone-AQUA di Jawa Barat Murtijo mengatakan dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak menjadikan upaya pelestarian sumber daya air akan semakin berkembang dan memberi manfaat bagi masyarakat luas. 

"Kami yakin melalui kolaborasi multipihak, kita akan mampu melestarikan sumber daya air dan menjalankan berbagai kegiatan sosial lingkungan dengan baik di kabupaten Cianjur,” kata dia dalam siaran pers, Kamis (12/10/2023). 

Kepala Pabrik AQUA Cianjur Asep Mawan Ruswandi mengatakan AQUA mulai berproduksi di Cianjur sejak 2011 dan selama lebih dari satu dekade terus menghasilkan air minum dalam kemasan berkualitas tinggi guna memenuhi kebutuhan hidrasi sehat konsumen di Jawa Barat dan sekitarnya. 

 

"Produk AQUA hasil Pabrik AQUA Cianjur merupakan produk air minum dalam kemasan yang sehat dan berkualitas tinggi,” ungkap dia. 

Menurut dia untuk menghasilkan air minum dalam kemasan berkualitas tinggi itu Pabrik AQUA Cianjur menerapkan konsep ramah lingkungan di semua aspek operasional pabrik, baik di dalam maupun sekitar pabrik, yang menitikberatkan pada efektivitas dan efisiensi produksi dengan fokus.

Adapun upaya penghematan air dan energi, pemanfaatan energi terbarukan, hingga daur ulang limbah. "Dari situlah dihasilkan produk air minum dalam kemasan yang selalu terjaga kemurniannya, sehat dan berkualitas yang bermanfaat kesehatan masyarakat luas,” papar Asep.

Asep mengatakan kualitas produk AQUA dimulai dari pemanfaatan air yang berasal dari sumber air terbaik yang terlindungi yang ada di dalam Pabrik AQUA Cianjur, diproses secara higienis, dan sekaligus tetap melindungi mineral-mineral alami yang terkandung dalam air. 

"Dari situlah dihasilkan produk AQUA yang higienis, berkualitas, mengandung mineral alami yang seimbang, dan siap dikonsumsi secara aman oleh masyarakat luas,” tambah Asep. 

Pabrik AQUA Cianjur tidak hanya sibuk menjalakan kegiatan operasional bisnis semata. Pabrik AQUA Cianjur gencar menjalankan berbagai program pelestarian lingkungan untuk menjaga kualitas dan keseimbangan kuantitas air, bekerjasama dengan berbagai pihak dan berbasis masyarakat. 

"Perlindungan sumber daya air yang dijalankan Pabrik AQUA Cianjur bertujuan untuk menjamin ketersediaan air, kemurnian dan kualitas sumber air, serta menjaga kelestarian sumber daya air," jelas Asep Ruwandi. 

Asep menuturkan Air yang dimanfaatkan AQUA selalu diuji dan dipantau, baik dari kualitas maupun volumenya, sehingga kualitas air dan keseimbangan alam tetap terjaga. Air adalah sumber daya yang terbarukan. 

"Oleh karena itu kami perlu menjaga keseimbangan di dalam siklus air, yaitu antara proses pengambilan dan pengisian air Kembali,” tambah Asep. 

Ketua Bidang Kesehatan Masyarakat – Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur Teni Hernawati mengatakan sejak 2017 Pabrik AQUA Cianjur bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat, melalui penyediaan sarana air bersih dan sanitasi di Kecamatan Gekbrong dan Warungkondang.

“Kami juga bekerja sama dalam upaya pencegahan stunting di Kabupaten, yaitu berupa pemberian edukasi, pelatihan, dan pemberian makanan tambahan kepada kelompok masyarakat yang rentan terahdap stunting,” tambah Hernawati.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement