Selasa 10 Oct 2023 18:14 WIB

Luncurkan Kereta Suite Class Compartment, KAI: Penuh dengan Kemewahan

Kereta Suite Class Compartment didesain untuk privasi pelanggan secara maksimal.

Rep: Dedy Darmawan Nasution / Red: Friska Yolandha
PT Kereta Api Indonesia (Persero) meresmikan meluncurkan Kereta Suite Class Compartment di Stasiun Gambir, Selasa (10/10/2023). Kereta tersebut saat ini menjadi kelas termewah yang dioperasikan oleh KAI dan melayani relasi Gambir-Surabaya Gubeng pulang pergi.
Foto: Republika/Dedy Darmawan
PT Kereta Api Indonesia (Persero) meresmikan meluncurkan Kereta Suite Class Compartment di Stasiun Gambir, Selasa (10/10/2023). Kereta tersebut saat ini menjadi kelas termewah yang dioperasikan oleh KAI dan melayani relasi Gambir-Surabaya Gubeng pulang pergi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) meresmikan meluncurkan Kereta Suite Class Compartment di Stasiun Gambir, Selasa (10/10/2023). Kereta tersebut saat ini menjadi kelas termewah yang dioperasikan oleh KAI dan melayani relasi Gambir-Surabaya Gubeng pulang pergi. 

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menuturkan, Kereta Suite Class Compartment didesain untuk privasi pelanggan secara maksimal. Dalam satu gerbong kereta, terdapat 16 ruang privat untuk masing-masing pelanggan.

Baca Juga

“Kita siapkan kereta ini untuk  berikan pengalaman pribadi dengan menjaga privasi yang penuh dengan kemewahan,” kata Didiek dalam sambutannya pada saat peluncuran, Selasa (10/10/2023).

Didiek menjelaskan, di tiap ruangan privat tersebut, telah terpasang pintu geser yang dapat digerakkan secara otomatis. Desain ruangan didominasi oleh warna coklat keemasan dengan pencahayaan temaram guna memberikan kenyamanan untuk pelanggan.

Adapun kursinya dapat direbahkan (reclining) hingga 180 derajat sehingga dapat berfungsi sebagai kasur tidur. Kursi tersebut dapat diputar (revolving) sehingga penumpang dapat menyesuaikan dengan arah perjalanan kereta api. 

Selain sudut kemiringan sandaran kepala, kaki, dan badan, tingkat kehangatan dari kursi ini juga bisa diatur. Kursi ini juga memiliki fitur pijat yang bisa disetel untuk berbagai teknik pijatan. Pada kursi ini juga ada baki lipat yang bisa difungsikan untuk meja makan atau meja kerja. 

Di sisi dekat jendela terdapat Train Onboard Infotainment System berisi aneka film populer, musik dengan berbagai genre, hingga kanal televisi nasional yang bisa dinikmati sepanjang perjalanan. Pelanggan juga dimanjakan dengan layanan makanan berupa hidangan pembuka, hidangan utama, hidangan penutup, serta aneka minuman dan berbagai layanan spesial lainnya.

"Melalui hadirnya Kereta Suite Class Compartment, KAI ingin menghadirkan new experience yang barangkali setara dengan first class maskapai penerbangan, baik dari sisi kenyamanan ataupun makanan yang disajikan. Sehingga harapannya KAI dapat memberikan layanan full service untuk pelanggan," kata Didiek.

Kereta tersebut dirangkaikan pada KA Bima relasi Gambir - Surabaya Gubeng pulang pergi. Keberangkatan dari Gambir pukul 17.00, tiba di Surabaya Gubeng pukul 03.30 serta Keberangkatan dari Surabaya Gubeng pukul 19.20, tiba di Gambir pukul 06.00). 

Kereta ini juga dirankaikan pada KA Argo Semeru relasi Gambir - Surabaya Gubeng pp. Keberangkatan dari Gambir pukul 06.20, tiba di Surabaya Gubeng pukul 16.50 dan Keberangkatan dari Surabaya Gubeng pukul 09.05, tiba di Gambir pukul 19.40. 

Adapun untuk tarif, KAI memberikan tarif promo Kereta Suite Class Compartment untuk periode 10-31 Oktober 2023 dengan harga Rp 1.950.000 saja. Didiek mengatakan, Kereta Suite Class Compartment memang dihadirkan untuk menggaet pangsa pasar masyarakat ekonomi kelas atas. 

“Target pasarnya, kita menyasar masyarakat high-end, Kami optimis kehadiran kereta suite Class Compartment akan mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat dan menjadi pilihan utama bagi pelanggan yang  melakukan perjalanan jarak jauh dengan nuansa kemewahan," ujar Didiek.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement