Selasa 10 Oct 2023 07:44 WIB

Tesla Investasikan 1 Miliar Dolar AS Perkuat Pasokan Baterai Kendaraan Listrik

Investasi penting bagi misi mempercepat transisi dunia menuju energi berkelanjutan.

Pabrik Baterai Mobil Listrik Skala Raksasa Milik Tesla. Tesla investasikan 1 miliar dolar AS perkuat pasokan baterai kendaraan listrik. (ilustrasi)
Foto: VOA
Pabrik Baterai Mobil Listrik Skala Raksasa Milik Tesla. Tesla investasikan 1 miliar dolar AS perkuat pasokan baterai kendaraan listrik. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Produsen mobil listrik Tesla menginvestasikan lebih dari 1 miliar dolar atau sekitar Rp 15,7 triliun untuk membangun kilang litium yang terletak di Corpus Christi, Texas, Amerika Serikat. Investasi ini sangat penting bagi misi untuk mempercepat transisi dunia menuju energi berkelanjutan.

"Ini mewakili upaya kami untuk secara agresif meningkatkan pasokan litium hidroksida untuk baterai yang tersedia di Amerika Utara," kata Tesla dalam pernyataan resminya baru-baru ini.

Baca Juga

Tesla mengatakan fasilitas, yang telah dimulai pembangunannya di atas lahan lebih dari 1.200 itu, akan menjadi lokasi penerapan pemurnian litium bebas asam pertama di industri. Proses ini menghilangkan penggunaan reagen berbahaya dan produk sampingan. Produk sampingan dari fasilitas ini, berupa campuran pasir dan batu kapur, berguna dalam produksi bahan konstruksi.

Di masa mendatang, Tesla berharap fasilitas ini juga dapat memproses bahan baku litium di antaranya, termasuk baterai daur ulang dan sisa produksi. Upaya konstruksi ini akan menciptakan hampir 1.000 lapangan kerja konstruksi, dan fasilitas tersebut akan mempekerjakan lebih dari 250 karyawan tetap, termasuk teknisi produksi, manajer operasi, dan peran teknik untuk mendukung pemeliharaan dan optimalisasi pabrik yang sedang berlangsung.

 

Tesla belum lama ini juga memangkas harga mobil listrik Model 3 dan Model Y sehingga harganya lebih kompetitif di pasaran. Tesla memangkas harga sedan Model 3 sekitar 1.250 dolar AS menjadi 38.990 dolar AS (Rp 612 juta) sedangkan varian jarak jauh Model Y diturunkan sebesar 2.000 dolar AS menjadi 48.490 dolar AS (Rp 761,7 juta).

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement