Ahad 08 Oct 2023 20:25 WIB

Pesawat Ngaret? Kini Ada Asuransi Flight Delay

Oona Insurence melihat pasar asuransi di Indonesia masih menjanjikan.

Sejumlah pesawat udara terparkir di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (20/4/2022).
Foto: ANTARA/Fauzan
Sejumlah pesawat udara terparkir di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (20/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Oona Insurance Indonesia berinovasi menciptakan asuransi untuk keterlambatan penerbangan atau Oona Flight Delay Insurance yang berfokus untuk para wisatawan Indonesia dengan memanfaatkan digitalisasi.

President Commisioner Oona Indonesia Abhishek Bhatia mengatakan, asuransi flight delay tersebut memanfaatkan website Chatbot, WhatsApp, serta Facebook Messenger untuk proses pembelian. "Kami sangat antusias untuk menjadi pemimpin inovasi dalam pasar asuransi melalui pendekatan berbasis digital," kata Abhishek di Jakarta.

Baca Juga

Abhishek menyampaikan, pelanggan dapat membeli asuransi hingga dua jam sebelum jadwal keberangkatan penerbangan, untuk keterlambatan mulai dari satu jam. Oona Insurance Indonesia menawarkan voucher ruang santai (lounge) di bandara yang akan dikirim ke gawai dengan berbagai pilihan lounge di bandara internasional.

Commercial and Operations Director Oona Indonesia Julien Pierre Combaret menilai, pasar asuransi Indonesia cukup menjanjikan. Hal tersebut tercermin dari data Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) yang menunjukan premi asuransi umum tumbuh 16,4 persen secara tahunan (yoy) menjadi Rp 26,1 miliar pada kuartal I 2023. Sementara itu, data internal Oona Indonesia menunjukkan bahwa premi asuransi secara konsisten tumbuh sekitar 20 persen lebih tinggi dibandingkan rata-rata industri.

"Ini adalah saat yang menarik bagi Oona karena bepergian ke luar negeri kini menjadi salah satu pilihan gaya hidup yang populer bagi masyarakat Indonesia. Wisatawan Indonesia pada umumnya juga merupakan konsumen yang sudah sangat terhubung secara digital," ungkap Julien.

Adapun Oona Insurance Indonesia adalah platform asuransi umum digital di bawah Oona Holdings Pte. Ltd. Di Indonesia, Oona beroperasi melalui PT Asuransi Bina Dana Arta, Tbk yang telah berizin serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pasar agen perjalanan online yang terus meningkat, layanan keuangan yang berkembang, serta konsumen yang semakin terampil secara digital di Indonesia merupakan pemicu bagi Oona untuk menawarkan solusi yang inovatif.

Adapun peluncuran Oona Insurance di Indonesia merupakan bagian dari strategi ekspansi grup di Asia Tenggara seiring dengan upaya mereka untuk tumbuh lebih dalam di wilayah Indonesia dan Filipina.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement