Ahad 01 Oct 2023 15:03 WIB

Di Hadapan Alumni ITB, Anies Berjanji akan Melakukan Reindustrilisasi

Anies Baswedan bertemu dengan para pemikir dan alumni ITB.

Anies Baswedan bersama para alumni ITB
Foto: dok web
Anies Baswedan bersama para alumni ITB

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Menjelang Pemilu 2024, sejumlah calon presiden semakin intens membangun komunikasi. Mereka bersemangat untuk menggat dukungan demi memenangkan Pemilu 2024.

Calon Presiden Anies Baswedan menghadiri acara Ngariung 1000 Alumni ITB di Bandung, Ahad (1/10/2023). Pada acara itu, Anies diminta para tokoh alumni ITB berkomitmen membangun industri berteknologi tinggi berbasis putra-putri terbaik bangsa. 

Baca Juga

"Kalau pak Anies jadi presiden, alumni kita bisa kerja. Kita mau industrialisasi bukan hilirisasi. Industri kita harus high technology. Tolong dipikirkan bahwa  tidak ada bangsa yang besar tanpa dukungan moral, sains, dan teknologi,” kata pengagas kegiatan Ngariung 1000 Alumni ITB, Syahganda Nainggolan dalam sambutannya. 

Menurut Syahganda, acara ngariung ini tak lain sebagai upaya mempertemukan pemikiran profesor Alumni ITB dengan pemikiran Anies Baswedan.

"Ngariung pada hari ini adalah 1000 peserta dengan kualitas seperti Habibie. Tidak perlu puluhan ribu. Mereka otaknya ini seperti Habibie. Mereka ini bisa buat pesawat terbang dan bisa buat mobil listrik," ujar Syahganda.  

Para alumni ITB, dia melanjutkan, bisa membuat teknologi apa pun. Ada yang membuat satelit, kendaran listrik dan teknologi lain yang dibutuhkan untuk masa depan. 

Namun, kata dia, saat ini kita menatap masa depan yang suram. Karena industrialisasi sudah hancur. Banyak ilmuwan yang menganggur. 

"Udah tidak ada lagi industri. Karena impor mobil listrik. Termasuk TKA impor  itu adalah penghinaan buat alumni ITB. Karena dianggap tidak ada yang bisa membangun industri di dalam negeri," ujarnya. 

Sementara itu, dalam pidatonya, Anies Baswedan  engatakan, bangsa ini  harus mengembalikan agar ilmu pengetahuan dan sains menjadi panduan kita dalam mengambil keputusan. 

"Penghormatan terhadap teori ilmu itu sudah turun. Ngapain teori banyakin praktik. Itu yang banyak kita dengar. Loh praktik itu harus didasarkan pada teori dong," ujar Anies.  

Menurutnya, Pandemi Covid 19 adalah ujian piapa pemimpin yang memakai ilmu pengetahuan dan siapa yang menomorduakan  sains dan terkologi. Seperti apa hasilnya. Apa mereka percaya teknologi dan metode ilmiah. 

"Disitu kita mengambil keputusan saintifik yang bisa tidak populer atau jika hanya ingin populer tidak menggunakan ilmu pengetahuan sebagai basis kebijakan. Pandemi itu sebagai panggilan bahwa ilmu pengetahuan menjadi kompas. Bukan menurut selera pemegang kewenangan," ujarnya. 

Lebih jauh Anies mengatakan, prinsip keadilan adalah value kita yang pertama. Kedua, public interest dan ketiga ilmu pengetahuan, sains teknologi dan yang keempat, baru regulasi. "Urutannya ada value dulu dan ilmu pengetahuan. Regulasi terakhir jangan dibalik," katanya. 

Industrialisasi, kata Anies jangan di Jawa terus, tetapi di daerah-daerah yang perkembangan penduduknya tinggi. Oleh karena itu, perlu institusi yang mengelola talent-talent anak bangsa yang punya keahlian dari berbagai bidang. 

Acara Ngariung 1000 alumni ITB dihadiri sejumlah tokoh alumni ITB  di antaranya Ketua Umum KSPSI Jumhur Hidayat, Dr. Syahganda Nainggolan, Prof Miftah Farid, Dr. Haru Suwandharu alumni ITB yang menjabat Ketua DPW PKS Jabar, dan para tokoh alumni ITB lainnya.

Acara digelar di Badoengshe Melk Centrale 1928, Jalan Aceh, Kota Bandung. 

Hendry Harmen ketua panitia, kegiatan ngariung 1000 alumni ITB mengatakan, acara ini sebagai upaya  memberikan gagasan dan pemikiran bagi perubahan dari aspek pengetahuan, dan teknologi dan disampaikan ke calon presiden Anies Baswedan. 

"Kita percaya kepada Pak Anies untuk memimpin perubahan di negeri ini. Trust itu yang diberikan dari para cendekiawan ITB," kata Hendry.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement