Kamis 28 Sep 2023 18:11 WIB

Mitsubishi XFORCE Mulai Ditawarkan di Kota Medan

Sejak diluncurkan di GIIAS Jakarta lebih dari 2.000 unit XFORCE sudah dipesan.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) lmemperkenalkan Mitsubishi XFORCE lewat Mitsubishi Motors Auto Show (MMAS) di Deli Park, Medan, Sumut, Kamis (28/9/2023).
Foto: Dok MMKSI
PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) lmemperkenalkan Mitsubishi XFORCE lewat Mitsubishi Motors Auto Show (MMAS) di Deli Park, Medan, Sumut, Kamis (28/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Setelah perdana diluncurkan di ajang GIIAS 2023, Mitsubishi melanjutkan peluncuran compact SUV teranyarnya XFORCE di kota-kota lain. Kota Medan, Sumatra Utara, menjadi salah satu kota awal peluncuran XFORCE di luar Jawa.

Director Sales and Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Irwan  Kuncoro mengatakan sejak peluncuran XFORCE di GIIAS Agustus lalu sebanyak 2.000 unit mobil SUV ini telah dipesan publik. Peluncuran XFORCE di Medan diharap akan ikut mendongkrak penjualan XFORCE.

Baca Juga

"Kami optimis penjualan Mitsubishi XFORCE bisa mencapai 10 ribu unit hingga akhir tahun," ujar Irwan, saat perkenalan XFORCE di Deli Park Medan, Kamis (28/9/2023). Ia menambahkan, pemesanan XFORCE saat ini didominasi 80 persen tipe Ultimate CVT.

Medan sengaja dipilih sebagai salah satu kota awal peluncuran karena kontribusi positifnya terhadap penjualan kendaraan Mitsubishi Motors, tak hanya di wilayah Sumatra Utara tapi juga secara nasional. Dalam periode Januari–Agustus 2023, Medan berkontribusi 47 persen terhadap penjualan kendaraan penumpang dan kendaraan niaga Mitsubishi Motors di wilayah Sumatra Utara.

Sementara wilayah ini memberikan kontribusi terhadap penjualan model Mitsubishi Motors kepada nasional sebesar 3 persen. Secara umum, segmen compact SUV di Sumatra Utara terus tumbuh sejalan dengan serapan volume pasar dengan rata-rata penjualan model compact SUV sebesar 999 unit. Jumlah tersebut berkontribusi sekitar empat persen kepada segmen compact SUV secara nasional.

Irwan mengatakan, permintaan compact SUV terus meningkat dua tahun terakhir seiring dengan makin banyaknya varian tersebut di pasaran. "Dua tahun terakhir secara nasional dari permintaan 2.000 unit per bulan sekarang sudah 4.000 unit. Pemainnya juga banyak, semua brand Jepang ada di situ. Belum lagi brand Korea dan Cina. Sekarang lagi tren compact SUV," tutur Irwan.

Mitsubishi XFORCE dirakit di Indonesia dengan TKDN 80 persen. Selain dijual di pasar domestik, pada ajang GIIAS di Jakarta sempat tercetus rencana untuk mengekspor XFORCE. Irwan ketika ditanya lebih lanjut tentang rencana ekspor belum bisa menjawab detail mengenai negara mana saja yang akan menjadi tujuan ekspor. "Prioritas saat ini pasar domestik dulu, baru Asean," katanya.

Compact SUV dengan lima tempat duduk ini produksi pertamanya dilakukan di Asia dengan spesifikasi yang menyesuaikan dengan kondisi di Asia. Mitsubishi XFORCE dilengkapi dengan 4 Drive Mode dan fitur keselamatan yang lengkap.

Saat ini pembeli Mitsubishi XFORCE belum ada yang sudah menerima mobilnya. Pembeli pertama diperkirakan baru akan menikmati XFORCE di akhir Oktober. Sementara pembeli di Sumatra ditargetkan akan mendapatkan XFORCE di akhir November secara bertahap.

Mitsubishi XFORCE memiliki karakter stylish dan robust, desain SUV autentik, dengan bodi yang berukuran compact. Mobil ini menawarkan handling yang sangat baik, kenyamanan serta utilitas fitur seperti interiornya yang luas dan berbagai ruang penyimpanan. Di Sumatra Utara XFORCE dijual dengan harga on the road mulai dari Rp 382,9 juta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement