Sabtu 23 Sep 2023 09:44 WIB

KCJB Diuji Coba, Damri Buka Rute di Stasiun Tegalluar

Uji coba KCJB dilakukan dengan kuota sebanyak 500 seat untuk empat jadwal perjalanan.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolandha
Penumpang Kereta Cepat Jakarta-Bandung dari Stasiun Tegalluar tiba di Stasiun Halim. Damri membuka operasional untuk rute Stasiun Tegalluar-Stasiun Gedebage-Pool DAMRI Gedebage.
Foto: Republika/Dea Alvi Soraya
Penumpang Kereta Cepat Jakarta-Bandung dari Stasiun Tegalluar tiba di Stasiun Halim. Damri membuka operasional untuk rute Stasiun Tegalluar-Stasiun Gedebage-Pool DAMRI Gedebage.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Uji coba Kereta Cepat Jakarta – Bandung (KCJB) untuk masyarakat umum tengah berlangsung pada 18-30 September 2023. Uji coba KCJB dilakukan dengan kuota sebanyak 500 seat untuk empat jadwal perjalanan pergi pulang (pp). 

Untuk mendukung uji coba KCJB, Damri membuka operasional untuk rute Stasiun Tegalluar-Stasiun Gedebage-Pool DAMRI Gedebage. “Hadirnya KCJB ini diharapkan dapat mendorong transformasi layanan transportasi publik secara lebih luas di seluruh Indonesia,” kata Plt Corporate Secretary Damri Chrystian RM Pohan dalam pernyataan tertulisnya, Sabtu (23/9/2023). 

Baca Juga

Dia menuturkan, hadirnya rute tersebut merupakan hasil kerja sama Perum Damri dengan PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC). Khususnya dalam menyediakan shuttle bus berjenis hiace dan bus medium bagi para penumpang yang turun di Stasiun Kereta Api Tegalluar dan Pool Damri Gedebage.

Rute-rute yang dilalui oleh shuttle bus Damri dari stasiun tersebut yakni Stasiun Tegalluar-Stadion Gelora Bandung Lautan Api-Masjid Apung-Summarecon Mall Bandung-Stasiun Gedebage-Lotte Mart Soekarno Hatta Bandung-Jalan Soekarno Hatta-Pool DAMRI Gedebage. Sedangkan rute yang dilalui dari Pool DAMRI Gedebage yaitu dari Pool DAMRI Gedebage-Stasiun Gedebage-Summarecon Mall Bandung-Masjid Apung-Stadion Gelora Bandung Lautan Api-Stasiun Tegalluar.

Pohan menambahkan, selama masa uji coba KCJB layanan dari Stasiun Halim-Stasiun Tegalluar maupun sebaliknya beroperasi pukul 09.00 WIB dan 14.00 WIB. Untuk layanan Damri sendiri jadwal operasional menyesuaikan dengan kedatangan kereta cepat tersebut dan tidak mengenakan tarif pada layanan tersebut.

“Selain shuttle bus, Damri juga ke depannya akan menyediakan rute Alun-Alun Bandung-Situ Ciburuy (Via Cimahi),” ucap Pohan.

Penyediaan shuttle bus tersebut merupakan hasil kolaborasi Damri bersama KCIC dan KAI dalam rangka peningkatan konektivitas serta layanan transportasi yang aman dan nyaman bagi para penikmat transportasi publik. Dia mengharapkan integrasi antarmoda ini bisa membuahkan hasil yang positif dan bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat.

Saar ini KCIC membuka pendaftaran uji coba operasional kereta api cepat tidak berbayar untuk masyarakat umum. Kegiatan uji coba operasional ini memberikan kesempatan pada masyarakat untuk merasakan pengalaman menggunakan kereta api dengan kecepatan tinggi hingga 350 kilometer per jam. 

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan masyarakat yang ingin mengikuti kegiatan uji coba KA Cepat ini sudah dapat melakukan pendaftaran melalui situs http://ayonaik.kcic.co.id/. “Pendaftaran tahap kedua dibuka pada 24 September untuk keberangkatan tanggal 25-30 September 2023,” kata Eva. 

Selama masa uji coba terbatas KA Cepat dengan penumpang berlangsung, setiap harinya KCIC menyediakan empat jadwal perjalanan pergi pulang. Sehingga total terdapat delapan perjalanan KA yang beroperasi setiap harinya selama masa ujicoba yang akan berlangsung hingga 30 September 2023. Rahayu Subekti

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement