Senin 18 Sep 2023 16:01 WIB

PT AP I Gelar Program Standar Keamanan di Bandara Lombok

Sebab Lombok menjadi salah satu DPSP dan tuan rumah event dunia seperti MotoGP.

Penumpang berfoto di depan tulisan Lombok di Bandara Udara Internasional Lombok Zainudin Abdul Madjid, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kamis (17/3/2022).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Penumpang berfoto di depan tulisan Lombok di Bandara Udara Internasional Lombok Zainudin Abdul Madjid, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kamis (17/3/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, PRAYA -- PT Angkasa Pura I bersama organisasi kebandarudaraan dunia Airports Council International (ACI) menggelar kegiatan Airport Excellence (APEX) in Security Review di Bandara Lombok, Nusa Tenggara Barat untuk meningkatkan standar keamanan.

"APEX in Security Review merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh ACI untuk melakukan asesmen dan reviu terhadap standar keamanan yang berlaku di Bandara Lombok berdasarkan standar yang ditetapkan oleh International Civil Aviation Organization (ICAO)," kata Direktur Operasi PT Angkasa Pura I MMA Indah Preastuty di Praya, Senin (18/9/2023).

Baca Juga

Ia mengatakan, APEX in Security Review digelar dari 18 hingga 22 September 2023. Standar keamanan bandara merupakan aspek yang sangat penting dalam industri aviasi.

Sehingga PT Angkasa Pura I berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan, termasuk dari sisi keamanan bandara. "Untuk itu kami mengikutsertakan Bandara Lombok dalam kegiatan APEX in Security Review ini," kata Indah.

Menurut Indah, Bandara Lombok memiliki peran vital dan merupakan pintu gerbang utama ke Pulau Lombok dan NTB, yang memiliki beragam destinasi pariwisata, termasuk Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika.

"Lombok juga merupakan tuan rumah bagi ajang berkelas dunia seperti MotoGP, WSBK, dan lainnya," kata dia.

Program APEX in Security Review juga bertujuan untuk memberikan asistensi bagi pengelola bandara yang menjadi anggota ACI untuk meningkatkan standar keamanan bandara, menyelaraskan antara kepatuhan terhadap peraturan dengan kebutuhan operasional bandara sehari-hari.

"Tim asesor dan observer dari ACI yang akan melakukan penilaian dan review di Bandara Lombok merupakan para ahli industri kebandarudaraan dunia, dipimpin Declan Troy, APEX in Security Review Team Leader yang juga merupakan Security Manager of Dublin Airport, Irlandia," kata Indah.

Selama pelaksanaan APEX in Security Review, tim ACI akan melakukan review terhadap sejumlah aspek keamanan di Bandara Lombok, mulai dari SDM, fasilitas, dokumen, hingga manajemen mutu.

 

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement