Rabu 13 Sep 2023 10:29 WIB

Polemik Pinjol, UIN Solo Gandeng OJK Perkuat Literasi Keuangan Mahasiswa

Mahasiswa harus meningkatkan pemahaman terhadap sektor keuangan.

Kegiatan edukasi literasi keuangan kepada mahasiswa (ilustrasi)
Foto: Republika/Lilis Sri Handayani
Kegiatan edukasi literasi keuangan kepada mahasiswa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Universitas Islam Negeri Raden Mas Said (UIN RMS) Solo menggandeng Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk meliterasi mahasiswa terkait sektor keuangan. Hal itu menyusul polemik kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2023 yang diduga melibatkan pinjaman dalam jaringan atau online (pinjol).

 

Rektor Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, Prof Mudofir, mengatakan selain menimba ilmu pengetahuan di kampus, para mahasiswa juga harus meningkatkan pemahamannya terhadap sektor keuangan.

 

Menurut dia, hal itu penting dilakukan untuk menunjang arah kehidupan yang sedang dijalani para mahasiswa. "OJK telah hadir mewakili negara ketika misalkan kampus viral," kata dia.

 

Dikatakan, OJK juga berupaya adil menyikapi polemik tadi, salah satunya dengan memberikan edukasi kepada mahasiswa. Ia juga mengapresiasi OJK yang sudah bersinergi dengan kampus dalam bidang literasi keuangan.

 

"Kami juga akan terbuka untuk menerima wawasan tentang keuangan dan sebagainya," jelasnya.

 

Sementara itu, pada kunjungannya ke UIN Raden Mas Said Surakarta, Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Perlindungan Konsumen OJK, Friderica Widyasari Dewi, berupaya memberikan edukasi keuangan sekaligus memberikan dukungan pendampingan kepada para mahasiswa.

 

"Harapannya memberikan edukasi dan pendampingan kepada adik-adik mahasiswa agar memiliki tingkat literasi dan inklusi keuangan yang baik dan terhindar dari penipuan investasi atau aktivitas keuangan ilegal," ujar dia.

Selain itu, diharapkan para mahasiswa lebih bijak menggunakan produk jasa keuangan sehingga memberikan manfaat dan tidak menyusahkan generasi muda.

 

"Kejadian sebelumnya menjadi pembelajaran untuk kemudian mahasiswa dapat menyiapkan masa depan yang lebih baik," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement