REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA UTARA -- Asosiasi Travel Indonesia (Astindo) resmi memulai event Astindo Travel Fair ke-15. Ketua Umum Astindo Pauline Suharno memaparkan hasil survei dari salah satu tour operator ternama brand international kepada para traveller, di mana 54% orang tidak punya bayangan akan pergi ke mana saat mereka memulai rencana perjalanan.
Dan 82% ingin travelling menggunakan jasa travel agent, bergabung dalam tour yang dipandu pemandu wisata, dipandu lokal expertise yang sangat paham tentang daerah tersebut, sehingga memberikan jaminan untuk perjalanan dan pengalaman yang menyenangkan sekaligus berkesan.
“Karenanya konsep kali imi multi airlines, multi destinations, multi products, sehingga masyarakat memiliki banyak opsi, untuk berbagai tujuan perjalanan mereka. Mau liburan naik pesawat, cruise, kereta, liburan keluarga, meeting, pameran, outing kantor, sport tourism, nonton konser, atau yg extreme seperti adventure, dark tourism. Semua bisa difasilitasi oleh para travel agent anggota Astindo,” kata Pauline, seperti dilansir pada Jumat (1/9/2023).
Astido Travel Fair 2023 didukung oleh 21 maskapai penerbangan International dan Domestic yakni ANA - All Nippon Airways, Asiana Airlines, Batik Air, Cathay Pbacific, China Airlines, Citilink, Emirate Airlines, Etihad Airlines, EVA Air, Garuda
Indonesia, Japan Airlines, Lion Air, Malaysia Airlines, Pelita Air, Philippine Airlines, Qantas Airways, Qatar Airways, Singapore Airlines, Super Air Jet, Thai Airways dan
Wings Air ; 7 badan promosi pariwisata luar negeri - Hong Kong Tourism Board, Korea Tourism Organization, Macau Government Tourism Office, Philippine Department of Tourism, Singapore Tourism Board, Taiwan Tourism Bureau, dan Tourism Authority of Thailand.
Kemudian ada 26 travel agent berlisensi resmi anggota Astindi yaitu Altorina, Antavaya, Astrindo, Avia, Bayu Buana, Best Tour, Chan
Brothers, Clio Wisata, Destination Tour, Dwi Daya, Elang Rajawali, Elok Tour, Golden Rama, Jatra Tour, Interline Holidays, KIA Tour, Mutiara Tour, Obaja,
Panorama JTB, PanTravel, Royal Carribean, Smailing Tour, Tara Tour, TX Travel, Wahana Travel, Wita Tour.
Ketua Panitia Astindo Travel Fair Anton Sumarli menargetkan 28 ribu pengunjung dan transaksi sebesar Rp 48 miliar selama 4 hari penyelenggaraan.
“Kami optimistis angka ini akan tercapai, karena selain animo masyarakat untuk bepergian sudah semakin tinggi, kami juga memiliki beragam promo. Ada tiket murah, extra shopping voucher, potongan harga langsung, free travel insurance, dll.”