Selasa 29 Aug 2023 23:43 WIB

Survei: 82 persen Konsumen Pilih Belanja Elektronik lewat E-Commerce daripada Offline

Tokopedia jadi e-commerce dengan tingkat konversi tertinggi dalam retensi pembelian.

Rep: Novita Intan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Ilustrasi belanja daring.
Foto: www.freepik.co.
Ilustrasi belanja daring.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan riset Populix melaporkan sebanyak 82 persen masyarakat Indonesia menjadikan e-commerce sebagai pilihan dalam membeli produk elektronik. Adapun perilaku ini bergeser, sebelumnya masyarakat lebih percaya dengan membeli barang khususnya elektronik secara offline.

Head of Research Populix Indah Tanip mengatakan dalam studi yang mereka lakukan untuk memahami perilaku dan motivasi masyarakat Indonesia dalam membeli barang melalui platform e-commerce terbagi menjadi beberapa alasan.

“Beberapa alasan yang mendorong mereka untuk memilih berbelanja barang tersebut melalui platform e-commerce, yakni hemat waktu dan tenaga (79 persen), gratis ongkos kirim (72 persen), harga lebih murah dari toko offline (62 persen), tersedia diskon pembelian (61 persen), dan kemudahan membandingkan harga dengan toko lain (57 persen),” ujarnya melalui riset studi Populix, Selasa (29/8/2023).

Dari sisi anggaran yang dikeluarkan berbelanja e-commerce pun lebih tinggi dibandingkan dengan belanja media sosial. “Tetapi masih cenderung di bawah anggaran ketika membeli barang dengan mengunjungi toko secara langsung, khususnya kategori produk elektronik,” 

Saat ini, menurut Indah, masyarakat Indonesia cenderung memilih berbelanja produk elektronik, rumah tangga, dan kesehatan melalui e-commerce. Pada era persaingan yang semakin ketat di dunia perdagangan online, kepercayaan menjadi faktor utama yang memengaruhi pilihan konsumen terhadap platform e-commerce yang mereka gunakan.

“Hal ini diperkuat dengan temuan kami yang mengungkap bahwa ketiga kategori ini, faktor pendorong yang dapat memicu kepuasan konsumen yakni platform yang dapat dipercaya dan diandalkan, barang yang berkualitas, pengiriman yang aman dan terpercaya, serta pengalaman belanja yang nyaman,” ucapnya.

Survei yang dilakukan Populix pada Juli 2023 ini mengungkap bahwa e-commerce menjadi pilihan mayoritas masyarakat Indonesia (82 persen) untuk membeli produk elektronik, kebutuhan rumah tangga dan kesehatan dibandingkan melalui media sosial (13 persen) maupun secara offline (6 persen).

Indah melanjutkan, adapun tiga brand e-commerce yang menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia dalam membeli produk elektronik, rumah tangga, dan kesehatan meliputi Tokopedia, Shopee, dan Lazada dengan Tokopedia (44 persen) menempati top of mind masyarakat Indonesia, disusul dengan Shopee (40 persen) dan Lazada (11 persen).

“Tokopedia juga menjadi e-commerce dengan tingkat konversi tertinggi dalam hal retensi pembelian dibandingkan e-commerce lainnya,” ucapnya.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement