Selasa 22 Aug 2023 15:29 WIB

Ekonom Bank Mandiri: Kinerja Sektor Perbankan Positif

Bank Mandiri mendorong pertumbuhan ekonomi dengan aktif menyaluran pembiayaan.

Rep: Retno Wulandhari / Red: Friska Yolandha
Karyawan beraktivitas di dekat logo Livin by Mandiri di Jakarta, Selasa (26/7). Ekonom Bank Mandiri menilai sektor perbankan masih menunjukan tren positif, meski mulai termoderasi.
Foto: Prayogi/Republika.
Karyawan beraktivitas di dekat logo Livin by Mandiri di Jakarta, Selasa (26/7). Ekonom Bank Mandiri menilai sektor perbankan masih menunjukan tren positif, meski mulai termoderasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ekonom Bank Mandiri menilai sektor perbankan masih menunjukan tren positif, meski mulai termoderasi. Pertumbuhan kredit pada lJuni 2023 tumbuh 7,76 persen melambat jika dibandingkan akhir kuartal I 2023 sebesar 9,9 persen. 

Di sisi lain, pertumbuhan dana pihak ketiga juga terus melambat, tercatat mencapai 5,79 persen pada Juni seiring perilaku nasabah yang kembali menggunakan dananya untuk konsumsi atau investasi. Namun demikian likuiditas perbankan secara umum disebut masih cukup memadai, terefleksi dari rasio Loan to Deposit (LDR) yang masih berada pada 82 persen.  

Baca Juga

Pemerintah dan Bank Indonesia (BI) juga terus mengeluarkan kebijakan yang akomodatif bagi perekonomian dan sektor perbankan. Kebijakan repatriasi Devisa Hasil Ekspor (DHE) diperkirakan akan menopang likuiditas sistem keuangan dan menopang pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

“Bank Indonesia juga mengindikasikan pertumbuhan kredit tahun 2023 ini akan mencapai kisaran 9 persen–11 persen. Saya meyakini bahwa perbankan akan selalu menjaga profile kualitas asetnya meskipun pertumbuhan kredit mulai termoderasi,” kata Chief Economist Bank Mandiri Andry Asmoro, Selasa (22/8/2023). 

Bank Mandiri mendorong pertumbuhan ekonomi dengan aktif menyaluran pembiayaan. Bank Mandiri berhasil menyalurkan kredit secara konsolidasi tumbuh 11,8 persen year on year (yoy) mencapai Rp 1.272,07 triliun. Pertumbuhan kredit ini jauh di atas pertumbuhan industri perbankan pada Juni 2023 sebesar 7,8 persen yoy. 

Pertumbuhan kredit ini beriringan dengan kinerja keuangan perseroan yang semakin solid. Tercermin dari laba bersih Bank Mandiri secara konsolidasi melesat 24,9 persen yoy menjadi Rp 25,2 triliun hingga Juni 2023. Kinerja Bank Mandiri juga terlihat dari sisi profitabilitas yang terus meningkat. Return on Equity (ROE) Tier-1 bank only telah menyentuh 25,8 persen atau naik 275 basis poin (bps) secara YoY. Sementara posisi net interest margin (NIM) bank only terjaga solid di level 5,30 persen.

Bank Mandiri juga telah menerapkan tiga pilar implementasi nilai lingkungan (environmental), sosial (social), dan tata kelola (governance) atau ESG. Hasilnya, sampai dengan Juni 2023 Bank Mandiri telah menyalurkan portofolio berkelanjutan sebesar Rp 242 triliun. Dari portofolio itu, porsi yang khusus untuk portofolio hijau sebesar Rp 115 triliun atau 11,7 persen dari total portofolio kredit Bank Mandiri.

“Tantangan ke depan memang tidak akan berkurang dibanding tahun ini, namun kami yakini bahwa di tengah volatility selalu terdapat opportunity,” ujar Andry.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement