Jumat 18 Aug 2023 23:37 WIB

Danone Indonesia Gandeng Citilink Dalam Masalah Stunting

Danone kembali menggelar program Jelajah Gizi 2023 dan memilih Solo sebagai destinasi

Danone Indonesia kembali menggelar program Jelajah Gizi 2023 dan memilih Solo sebagai destinasi karena keragaman kuliner dan pangan
Foto: dok Danone Indonesia
Danone Indonesia kembali menggelar program Jelajah Gizi 2023 dan memilih Solo sebagai destinasi karena keragaman kuliner dan pangan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai upaya menyebarkan informasi seputar kekayaan gizi dari potensi pangan lokal Indonesia sekaligus menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-78, Danone Indonesia berkolaborasi dengan Citilink dalam menggelar program Jelajah Gizi 2023.

Gusti Raden Ajeng (G.R.Aj.) Ancillasura Marina Sudjiwo dalam sambutannya menyampaikan Kota Surakarta atau yang disebut dengan Solo dikenal dengan kekayaan budaya dan kulinernya, namun belum banyak yang mengetahui bahwa ragam kuliner khas Kota Solo juga menyimpan banyak cerita budaya hingga ragam nutrisi dan gizi yang baik bagi kesehatan.

Seperti halnya pangan kerajaan yang ada di Mangkunegaran yang menyimpan makna dari setiap pangan yang dihidangkan, contohnya Apem, Ketan, Kolak, khas Pura Mangkunegaran yang sarat akan filosofi.

“Kita diingatkan untuk mengatur hubungan secara vertikal maupun horizontal. Leluhur memang memberikan nasihat penuh dengan perumpamaan. Itu supaya mudah diingat dan tidak dilupakan” ujar dia melalui siaran pers, Kamis (17/8/2023).

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Kota Surakarta Wahyu Christina memaparkan, Solo menjadi kota yang didatangi banyak tamu yang khusus untuk menikmati kuliner lokalnya. Saat ini jumlah UMKM Kuliner di Solo berjumlah 26,13 persen atau setara dengan 3.127 pelaku UMKM. 

"Kami berharap dari acara hari ini, bisa memberikan wawasan atau referensi kuliner di Kota Solo kepada masyarakat luas," tambah dia.

Pakar Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor Ahmad Sulaeman menyampaikan, Pola makan bergizi seimbang akan memberikan tubuh Anda asupan makronutrien dan mikronutrien yang lengkap. Ini merupakan kunci dalam menjaga kesehatan dan menghindari permasalahan gizi keluarga.

Konsumsi gizi seimbang dengan menggunakan bahan alami yang didapat dari alam bisa juga dengan memanfaatkan pangan lokal, dan ini merupakan langkah awal untuk dapat memenuhi kebutuhan gizi harían tersebut secara berkelanjutan. 

Ahmad menambahkan dalam konsumsi makanan harían, konsumen juga harus memastikan pangan yang dikonsumsi aman dan baik bagi tubuh dengan memperhatikan asal usul makanan yang dikonsumsi serta dampak pilihan makanannya terhadap kesehatan. 

Arif Mujahidin selaku Corporate Communications Director Danone Indonesia menjelaskan bahwa Sebagai perusahaan dengan misi membawa kesehatan ke sebanyak mungkin masyarakat, Danone Indonesia berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan hidrasi keluarga melalui produk dan inisiatifnya yang berkelanjutan serta berdampak positif bagi masyarakat. 

Untuk memastikan kesehatan masyarakat Indonesia dapat terjaga, Danone Indonesia juga menyadari hal ini perlu didukung dengan edukasi untuk meningkatkan pengetahuan tentang pemenuhan gizi seimbang. Maka itu, tahun ini Danone Indonesia kembali menggelar program Jelajah Gizi 2023 dan memilih Solo sebagai destinasi karena keragaman kuliner dan pangan yang menarik diketahui oleh masyarakat serta cerita historis maupun kebudayaan yang kental membuat kota ini menarik dieksplor," ucap dia.

Jelajah Gizi merupakan program yang sudah berjalan sejak tahun 2013 dengan mengajak pakar seperti ahli gizi, media dan pegiat media sosial untuk mengeksplorasi kekayaan cita rasa, budaya dan nutrisi juga gizi yang terkandung dalam berbagai hidangan di berbagai daerah di Indonesia. Sejak tahun 2013, Jelajah Gizi sudah mengunjungi dan mengeksplorasi kuliner di berbagai daerah seperti Gunung Kidul, Kepulauan Seribu, Bali, Minahasa, Malang, Semarang dan Bogor. 

Tahun ini, Danone Indonesia berkolaborasi dengan Citilink sebagai maskapai penerbangan kelas dunia yang melayani penerbangan ke berbagai destinasi di Indonesia. Citilink merupakan maskapai berbiaya hemat yang mendapatkan sertifikasi bintang empat dari Skytrax dan juga mendapatkan predikat sebagai maskapai berbiaya hemat terbaik di Indonesia.

Direktur Human Capital Citilink Arief Adhi Sanjaya menyampaikan, Citilink selalu berkomitmen untuk menghubungkan berbagai destinasi di nusantara serta memperkenalkan kekayaan pariwisata, budaya, dan kuliner Indonesia sebagai salah satu misi utama. Sehubungan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-78, selain melalui promo HUT RI, dengan semangat untuk merayakan hari kemerdekaan bersama masyarakat, Citilink menyambut positif dan mendukung program Jelajah Gizi 2023 bersama Danone Indonesia di Solo yang juga merupakan salah satu rute Citilink. 

"Kolaborasi ini juga sejalan dengan misi Citilink dalam melestarikan potensi kekayaan kuliner Indonesia melalui fitur LinkTreats sehingga dapat menumbuhkan rasa bangga dan kecintaan masyarakat Indonesia terhadap pangan lokal," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement