Kamis 17 Aug 2023 08:14 WIB

Tak Lagi 'Musuhan', Sekolah Ini Justru Terbantu oleh ChatGPT

Sekolah di AS menggunakan ChatGPT untuk menyaring koleksi buku perpustakaan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani, Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Sekolah Komunitas Kota Mason di Iowa, Amerika Serikat yang menggunakan ChatGPT untuk menyusun daftar buku yang berisi konten seksual./ilustrasi
Foto: www.freepik.com
Sekolah Komunitas Kota Mason di Iowa, Amerika Serikat yang menggunakan ChatGPT untuk menyusun daftar buku yang berisi konten seksual./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—ChatGPT kerap dianggap sebagai peranti yang membuat siswa malas berpikir dan cenderung memperoleh 'jalan ninja' untuk menyelesaikan tugas. Kini ChatGPT justru bisa dianggap sebagai penyelamat bagi para siswa sekolah. Setidaknya inilah yang dilakukan oleh Sekolah Komunitas Kota Mason di Iowa, Amerika Serikat, yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk menyusun daftar buku yang berisi konten seksual. Ini mengakibatkan penghapusan 19 buku dari rak perpustakaannya di kelas 7-12.

Mereka membuat daftar judul yang sering ditolak atau yang telah diminta untuk dihapus di masa lalu. Itu kemudian mengarahkan mereka melalui ChatGPT, menanyakan AI chatbot, “Apakah [buku] berisi deskripsi atau penggambaran tindakan seks?” Jika ChatGPT membenarkan, buku tersebut dikeluarkan dari perpustakaan sekolah dan disimpan di kantor administrasi untuk ditinjau lebih lanjut.

Baca Juga

Dilansir dari ZDNET, Kamis (17/8/2023), buku-buku yang dilarang termasuk The Handmaid’s Tale oleh Margaret Atwood, Beloved  oleh Toni Morrison, dan The Cool Purple oleh Alice Walker.

Kritikus tidak setuju dengan strategi tersebut, karena sistem AI seperti ChatGPT tidak luput dari kesalahan informasi dan halusinasi. Popular Science membahas masalah ini dengan Bridgette Exman, Asisten Pengawas Kurikulum dan Instruksi Sekolah Kota Mason, yang menyebut metode ini sebagai “proses yang dapat dipertahankan”.

Popular Science juga bertanya kepada ChatGPT beberapa kali tentang The Kite Runner oleh Khaled Hosseini, salah satu dari 19 buku yang dilarang, dan mendapat tanggapan yang bertentangan. AI generatif ini pernah mengatakan bahwa buku tersebut berisi sedikit atau tidak ada konten eksplisit, dan kemudian mengatakan bahwa buku tersebut berisi "deskripsi serangan seksual" di kemudian hari.

Proses pemilihan dan kemudian mengeluarkan buku dari perpustakaan sekolah dilakukan untuk mematuhi undang-undang Iowa baru yang ditandatangani oleh Gubernur Kim Reynolds pada Mei. Perundang-undangan tersebut terkait dengan “identitas gender dan orientasi seksual di distrik sekolah”, dan sekolah berupaya untuk mematuhi undang-undang tersebut pada awal tahun ajaran yang melanggar batas.

Undang-undang menetapkan bahwa perpustakaan sekolah hanya boleh berisi “materi yang sesuai dengan usia”, yang didefinisikan dalam File Senat 596 sebagai berikut:

“Sesuai usia berarti topik, pesan, dan metode pengajaran yang sesuai dengan usia atau kelompok usia anak dan remaja tertentu, berdasarkan pengembangan kapasitas kognitif, emosional, dan perilaku yang khas untuk usia atau kelompok usia tersebut. Sesuai usia tidak termasuk materi apa pun dengan deskripsi atau penggambaran visual dari tindakan seks."

Membaca setiap buku di perpustakaan distrik sekolah tidak praktis, itulah sebabnya Distrik Sekolah Kota Mason beralih ke ChatGPT. 

Exman kepada The Gazette pekan lalu, mengatakan perpustakaan kelas dan sekolah mereka memiliki banyak koleksi yang terdiri dari teks yang dibeli, disumbangkan,dan ditemukan.

“Tidak mungkin membaca setiap buku dan menyaring satu per satu untuk persyaratan baru ini. Oleh karena itu, kami menggunakan apa yang kami yakini sebagai proses yang dapat dipertahankan untuk mengidentifikasi buku yang harus dihapus dari koleksi pada awal tahun ajaran 2023-2024,” kata Exman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement