Rabu 16 Aug 2023 00:43 WIB

Punya Mobil Suzuki Hybrid? Begini Cara Merawatnya

Cara merawat Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) tidak sulit.

All New Ertiga Hybrid ditampilkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, yang berlangsung sejak 10 Agustus di ICE BSD City hingga 20 Agustus. Cara merawat mobil hybrid Suzuki mudah.
Foto: Republika/Firkah Fansuri
All New Ertiga Hybrid ditampilkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, yang berlangsung sejak 10 Agustus di ICE BSD City hingga 20 Agustus. Cara merawat mobil hybrid Suzuki mudah.

REPUBLIKA.CO.ID,REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-Selama 14 bulan terakhir (Mei 2022 – Juli 2023), sebanyak 12.993 unit  mobil Suzuki berteknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) telah berada di tangan konsumen di Indonesia.  Konsumen juga telah merasakan kemudahan dalam merawat mobil Suzuki berteknologi SHVS ini.

Teknologi ini telah diterapkan pada berbagai model, termasuk All New Ertiga, Grand Vitara, dan New XL7 Hybrid. “Dengan berbagai pilihan produk hybrid yang ditawarkan, konsumen memiliki kesempatan lebih besar untuk mengadopsi gaya hidup yang berkelanjutan tanpa mengorbankan kinerja atau kenyamanan,”  kata Assisten  to Departemen Head Service PT Suzuki Indomobil Sales  Hariadi di Tangerng, Senin (14/8/2023).

Baca Juga

Ketiga model ini juga dipamerkan dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, yang sedang berlangsung di ICE BSD City hingga 20 Agustus.

Hariadi menerangkan teknologi SHVS yang saat ini sudah ada pada beberapa unit Suzuki merupakan teknologi yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan kendaraan yang efisien dan ramah lingkungan. “Memiliki mobil hybrid seperti yang dihadirkan oleh Suzuki sangatlah menyenangkan,” ucapnya.

Tidak hanya karena mudah dan praktis dalam penggunaan maupun perawatan, namun secara biaya juga tetap tergolong terjangkau dan tidak berbeda dari model sebelumnya. “Sebagai contoh saja, total biaya perawatan rutin All New Ertiga Hybrid dan New XL7 Hybrid selama 5 tahun masih berkisar mulai dari angka 6 jutaan rupiah,” ucap Hariadi.

Hariadi memaparkan beberapa cara merawat SHVS agar tetap berfungsi dengan baik. 

Pertama, perawatan rutin di bengkel resmi Suzuki

Perawatan berkala di bengkel resmi pasti banyak untungnya baik untuk yang hybrid maupun konvensional, seperti harga yang terjangkau, gratis jasa servis, Oli dan Part sampai 50.000 km. Karena mobil konsumen ditangani tenaga ahli yang memiliki sertifikasi, hingga pengecekan sebanyak standar 23 item. 

Dengan adanya teknisi tersertifikasi, selain konsumen bebas cemas, proses perawatan pun dilakukan dengan tepat sehingga mampu menjaga kinerja mesin agar tetap optimal sehingga pengalaman berkendara menjadi lebih nyaman dan aman.

Kedua, pemanasan kendaraan secara rutin

Panaskan kendaraan Anda secara rutin sebelum berangkat, terutama pada pagi hari atau setelah kendaraan tidak digunakan dalam waktu yang lama. Hal ini untuk membantu menjaga kendaraan dalam kondisi optimal, sehingga menghindari potensi masalah saat pengoperasian, dan meningkatkan masa pakai komponen. Pastikan juga untuk memperhatikan indikator daya baterai yang tertera pada MID (Multi Information Display) agar Anda tetap dapat memonitor kondisi baterai dengan tepat.

Ketiga, hindari jalan banjir untuk menjaga sistem electrical

Untuk menjaga sistem elektrikal pada kendaraan supaya tetap berfungsi dengan baik, hindari berkendara di daerah yang sering terkena banjir tinggi. Air yang merendam bagian bawah kendaraan dan komponen elektrikal dapat menyebabkan kerusakan serius dan berpotensi mengganggu kinerja kendaraan.

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement