Ahad 13 Aug 2023 16:35 WIB

Kiat Mudah Rawat Baterai Kendaraan Listrik

Ada sejumlah cara yang bisa digunakan agar baterai kendaraan listrik lebih awet.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Segera mengisi baterai ketika kapasitas sudah mencapai 20 persen bisa membuat baterai lebih awet/ilustrasi.
Foto: istimewa/doc humas
Segera mengisi baterai ketika kapasitas sudah mencapai 20 persen bisa membuat baterai lebih awet/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kendaraan listrik dianggap dapat membawa perubahan dan beberapa manfaat, termasuk mengurangi polusi udata. ALVA, yang hadir melalui motor listrik ALVA ONE dan ALVA Cervo, bertujuan mempercepat adopsi kendaraan listrik di Indonesia.

ALVA juga ingin meningkatkan dampak yang telah dicapai dalam setahun mengaspal pasca GIIAS 2022. Putu Yudha, Chief Marketing Officer ALVA mengatakan GIIAS merupakan ajang yang menjadi bagian dari perjalanan perusahaan. "Tahun ini kami kembali merayakan eksistensi ALVA dengan meramaikan GIIAS dengan beragam program penjualan menarik,” kata Putu.

Baca Juga

ALVA diklaim menjadi merk motor listrik pertama yang memperkenalkan penawaran skema trade in bagi masyarakat. Melalui hal tersebut, diyakini masyarakat dapat secara nyata mendapatkan kemudahan dalam mengadopsi kendaraan listrik.

Baterai ALVA Cervo merupakan tipe Lithium NCM, memiliki berat 12,3 kg dan kapasitas 73,8 V 24 Ah (1,8 kWh) dengan durasi pengisian daya yang sudah didukung oleh fitur fast charging. Itu memungkinkan pengguna untuk mengisi daya kedua baterai hanya dalam waktu empat jam.

ALVA juga berbagi tips merawat baterai kendaraan, sebagai berikut.

1.Segera mengisi baterai ketika kapasitas sudah mencapai 20 persen

2. Apabila motor tidak dipakai dalam waktu yang lama, putuskan aliran listrik dengan cara menyimpan ALVA Cervo di tempat yang aman lalu buka penutup baterai atau keluarkan baterai dari dock-nya. 

3. Pastikan juga baterai terhindar dari paparan air dan debu saat penutup dibuka atau saat baterai dikeluarkan dari tempatnya. 

4. Saat disimpan, pastikan kapasitas baterai pada kisaran 40 persen - 60 persen (tidak di bawah 40 persen). Suhu tempat penyimpanan baterai dari -20 0C sampai dengan 25 0C, dengan kelembaban < 60 persen RH.

ALVA juga memberikan informasi penting mengenai cara membuka ban, yaitu mur belakang (Rear wheel center nut) menggunakan alur kiri, sehingga untuk melepasnya diputar searah dengan jarum jam.

Selain itu ALVA memberikan tips untuk melembutkan shock ALVA Cervo, yaitu dengan mengendurkan dua baut cover shockbreaker belakang kemudian memutar cover shockbreaker sampai penyetel shockbreaker terlihat. Jangan lupa gunakan alat khusus untuk menyetel shockbreaker. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement