Jumat 11 Aug 2023 18:54 WIB

Astra Akuisisi 100 Persen Saham OLX

Akuisisi ini diharapkan mampu memperkuat ekosistem digital Grup Astra.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Lida Puspaningtyas
Astra Honda Motor Indonesia luncurkan motor listrik EM1 e: pada Jumat (11/8) di GIIAS 2023.
Foto: Republika/Adysha Citra Ramadani
Astra Honda Motor Indonesia luncurkan motor listrik EM1 e: pada Jumat (11/8) di GIIAS 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Astra International Tbk (Astra) melalui anak usahanya telah menyelesaikan akuisisi PT Tokobagus, perusahaan iklan baris digital dengan merek OLX. Dengan akuisisi ini Astra memiliki 100 persen saham OLX Classifieds melalui PT Astra Digital Mobil 99,98 persen dan PT Astra Digital Internasional 0,02 persen.

OLX memiliki basis pengguna yang luas dan ekuitas merek yang kuat. Akuisisi ini diharapkan akan melengkapi ekosistem digital Grup Astra yang sudah ada dengan platform iklan baris digital dan mendorong inovasi, memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan.

"Akuisisi ini diharapkan mampu memperkuat ekosistem digital Grup Astra, menawarkan solusi menyeluruh bagi pelanggan serta semakin mendorong kemajuan industri otomotif di Indonesia,” ujar Direktur Astra Gidion Hasan melalui siaran pers yang diterima Republika.co.id, Jumat (11/8/2023).

Hasil kajian Google, Temasek, Bain & Company (2022) menunjukkan nilai ekonomi digital Indonesia pada 2022 tercatat sebagai yang tertinggi di Asia Tenggara, yakni sebesar 77 miliar dolar AS dan diperkirakan mampu mencapai 130 miliar dolar AS pada 2025. Selain itu, 40 persen pangsa pasar ekonomi digital Asia Tenggara berada di Indonesia.

Chief Executive Officer OLX Grup Lydia Ventura Paterson mengaku senang telah mencapai kesepakatan untuk menjual platform iklan baris digital OLX di Indonesia kepada Astra. Lydia percaya kehadiran Astra yang kuat dan pemahaman yang mendalam tentang pasar Indonesia dapat mendorong pertumbuhan bisnis OLX.

"Kami yakin bahwa platform iklan baris digital OLX berada di tangan yang tepat, dan Astra akan membawa iklan baris digital OLX ke tingkat yang lebih tinggi,” ujar Lydia.

Sebagai bagian dari Grup Astra, OLX akan mulai dengan identitas barunya dan hadir sebagai Trade-In Partner di GIIAS 2023 dengan berkolaborasi bersama Astra Financial. Untuk menyambut antusiasme pengunjung GIIAS 2023, Astra menawarkan cashback hingga Rp 6,6 juta dengan penilaian wajar berdasarkan kondisi kendaraan.

Pengunjung GIIAS juga dapat menerima penawaran harga dalam waktu satu jam. Sejalan dengan inisiatif pengembangan strategi bisnisnya, Grup Astra berkomitmen untuk memberikan transisi yang mulus dan memastikan kelangsungan layanan bagi pengguna platform iklan baris digital OLX.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement